Minggu, 24 Januari 2016

LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

L A P O R A N


PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PROGRAM STRATA SATU (S.1)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DI MADRASAH TSANAWIYAH
PONDOK PESANTREN DEPATI AGUNG
PULAU RAMAN
KABUPATEN MERANGIN




                                                            







                                                      






DISUSUN OLEH
NAMA              : HARDI
NIM                   : T.PAI.I.2008.0009
JURUSAN        : TARBIYAH



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
SYEKH MAULANA QORI BANGKO
TAHUN AKADEMIK 2010-2011


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
SYEKH MAULANA QORI
BANGKO
PENGESAHAN


Laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, telah di sah dan setujui. Untuk dapat diajukan sebagai laporan akhir kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Maulana Qori Bangko tahun akademik 2010-2011
Laporan ini sebagai salah satu bukti bahwa a.n HARDI. Nim:T.PAI.I.2008.0009  telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Di Madrasah Tsanawiyah  Pondok Pesantren DEPATI AGUNG
terhitung tanggal  Oktober s/d 14 Desember 2010.


     Guru Pamong                                                        Dosen Pembimbing Lapangan
     Bidang Studi IPS Ekonomi



      ADI  SAPUTRA S.pd.                                       HUSNI MUBAROK S.pd.I
                                                                                    NIP.
                                                           


Diketahui oleh:
KEPALA MTs. DEPATI AGUNG




SOLIHIN S.pd.I
NIP.












KATA PENGANTAR


Dengan segala puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan pekerjaan yang merupakan proses pembelajaran yang paling berharga bagi penulis dalam mengaplikasikan teori mengajar yang selama ini penulis dapatkan dibangku perkuliahan yakni Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan sebagai bukti tersebut penulis susun dalam sebuah bentuk laporan PPL dan sebagai persyaratan untuk meraih perdikat pendidikan Strata Satu (S.1) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Maulana Qori Bangko. Shalawat dan salam dikirimkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya kejalan islam dan ilmu pengetahuan.
Dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MTs.S Pondok Pesantren DEPATI AGUNG  yang berlansung dari tanggal 27 SEPTEMBER  s/d tanggal 12 DESEMBER tentunya penulis banyak memperoleh hasil yang maksimal berkat motivasi dan arahan dari semua pihak yang bersangkutan, maka dari itu penulis sangat mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Husni mubarok S.Pd.I Selaku Dosen Pembimbing Lapangan
2.      Bapak Solihin S.pd.I Selaku Kepala Sekolah MTs.S. DEPATI AGUNG
3.      Adi saptra,S.pd. selaku Guru Pamong bidang studi Akidah Akhlak
4.      Bapak/Ibu guru berserta staf  MTs.S DEPATI AGUNG
5.      Sahabat-sahabati Mahasiswa anggota PPL di MTs.S DEPATI AGUNG yang telah memberi bantuan dan dukungan kepada penulis
Semoga apa-apa yang telah mereka berikan kepada penulis selama Praktek Mengajar di MTs.S DEPATI AGUNG agar mendapat imbalan yang setimpal disisi Allah SWT. Amin Ya Robbal ’Alamin
Penulis menyadari bahwa selama dalam melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) masih banyak kekurangan, terutama pengetahuan, sikap layaknya seorang tenaga pendidik, akan tetapi hal itu merupakan pengalaman dan pemicu penulis untuk memperbaiki kesalahan untuk menjadi yang lebih baik lagi, maka dari itu penulis sangat mengharapakan tegur safa, kritik dan saran yang konstruktif/membangun dari pembaca demi kesempurnaan dan kelengkapan laporan ini.

Bangko,    Desember 2011
Penulis,



HARDI
NIM. T.PAI.I.2008.0009




















DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Ruang Lingkup
BAB II GAMBARAN UMUM SEKOLAH
  1. Historis dan Letak Geografis
  2. Keadaan Guru dan Siswa
  3. Keadaan Sarana dan Prasarana Sekolah
  4. Struktur Organisasi Sekolah
  5. Visi dan Misi Sekolah
  6. Motto Sekolah
BAB III KEGIATAN PRAKTEK
  1. Mengajar/Kurikuler
  2. Non Mengajar/Ekstrakurikuler
BAB IV PENUTUP
  1. Kesimpulan
  2. Saran-saran
  3. Kata Penutup
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN






BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah merupakan ajang latihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan mengenai keilmuan yang dikosentrasikan pada bidang masing-masing serta sikap dan keterampilan dalam melaksanakan pendidikan pra jabatan keguruan dan penelitian. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)  ini melatih tenaga pendidik mengusai kemampuan keguruan yang utuh terintegrasi, sehingga setelah menyelesaikan pendidikannya mereka siap menjadi calon guru yang profesional. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah pratikum lapangan yang diprogramkan dan dilaksanakan oleh jurusan/berkaitan dengan sepekulasi jurusan dan program sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
Sebagai seseorang yang mengemban tugas secara profesional, maka dituntut untuk bekerja secara profesional pula sesuai dengan profesinya masing-masing bahakan seseorang tidak hanya tahu dan memahami tugasnya mengajar saja, tetapi harus lebih tahu dan melaksanakan tugasnya dengan baik.
Keutuhan untuk berintegrasi secara utuh itulah yang dibentuk melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini. Dalam kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) inilah mahasiswa program Strata Satu (S.1) STAI SMQ Bangko belajar lebih banyak dengan hal-hal yang menyatakan tentang seluk beluk pengajaran yang sesungguhnya maupun adminstrasi sekolah.
Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini merupakan salah satu bukti nyata atas profesional seseorang dalam melakukan tugas atau kegiatan yang berkaitan dengan keahliannya masing-masing, dalam menyusun laporan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang mengenai permasalah dalam proses Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) baik dalam menyusun administrasi, mengajar maupun non mengajar, sehingga mudah untuk pahami.
B.     Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih mahasiswa (calon tenaga pendidik) agar memiliki kemampuan menggunakan kinerja dengan situasi nyata baik kegitan mengajat maupun tugas-tugas non mengajar dan memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar mampu melaksanakan tugas sebagai seorang guru yang selayaknya disekolah-sekolah tempat mereka mengadakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Dengan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiwa dapat:
  1. Mengenal lebih dekat tentang lingkungan fisik, administrasi sekolah dan menjadi referensi atas kerjanya kelak apabila telah mengabdikan dirinya disebuah lembaga pendidikan
  2. Proses pembelajaran menjadi seorang tenaga pendidik yang bijaksana dan profesional
  3. Menarik pelajaran, penghayatan dan pengalaman selaman melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri pentingya pekerjaan profesional
  4. Melatih mengendalikan sikap, emosi dan perasaan sebagaimana layaknya seorang guru sehingga menjadi motivator bagi siswa dan membantu mahasiswa dalam menemukan metode belajar yang efektif dan efesien
  5. Sebagai salah satu syarat untuk memenuhi laporan kegiatan di STAI SMQ Bangko untuk meraih gelar atau predikat pendidikan Strata Satu (S.1)



C.    Ruang Lingkup
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mencakup kegiatan mengajar dan non mengajar dan meneliti kegiatan pendidikan mengajar yang meliputi merencanakan dan melaksanakan pengajaran dan pelatihan, kegiatan non mengajar dan meneliti yang dilaksanakan di sekolah.







































BAB II
GAMBARAN UMUM SEKOLAH

A.    Historis dan Letak Geografis
Pendirian pondok pesantren (ponpes) ini diawali dari keinginan mengembangkan/ meningkatkan pendidikan islam diwilayah kabupaten Sarolangn Bangko ( Sekarang Kabupaten Merangin) oleh seorang ulama muda yuag baru kembali dari bertahun-tahun menimba/menuntut ilmu agama di Makkah Al-mukarramah yaitu K. H. Abd Satar Saleh dengan hasil musyawarah dan petunjuk Allah SWT akhirnya ditempatkan di Desa Titian Teras ( - 5 km. dari Kota Bangko). Pondok tersebut didirikan diatas tanah wakaf – 51 Ha (sertifikat), pemberian masyarakat Desa Titian Teras untuk kepentingan agama islam.
Kemudian MTs.S PPSMQ sebuah nama sebuah sekolah swasta yang bercirikan agama islam yang ada didesa titian teras. Penyelenggaraan dari sekolah ini adalah Yayasan Pendidikan Islam Syekh maulana Qori. Sekolah ini terletak dijalan Syekh Maulana Qori,Kecamatan batang Masumai Kabupaten Merangin.
MTs.S PPSMQ didirikan pada tahun 1985. Waktu belajar disekolah adalah pada waktu pagi hari dari jam 07.30 s/d 13.20 Wib. Jarak sekolah dengan rumah penduduk – 1 Km. keliling tanahnya adalah 576.260. M, luas tanahnya = 576260 M2.
B.  KEADAAN GURU DAN SISWA.
a.      Data kepengurusan pondok.
NO
UNSUR PONDOK
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
Pimpinan pondok
Sekretaris pondok
Kepala bagian
Guru tetap
Guru tidak tetap
Tata usaha dan staf
Penjaga pondok
1 orang
1 orang
2 orang
10 orang
3 orang
2orang
1orang

b.      Data siswa tahun 2011
NO
KELAS
L
P
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
I
II
III
IV
V
VI
24
20
17
8
8
8
18
11
13
10
8
9
42 orang
31 orang
30 0rang
18 orang
16 orang
17 orang

JUMLAH
85
69
154 orang

C.  KEADAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH.
a.      Data infentaris pondok.
NO
KELAS
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Ruang kelas
Kantor
Computer
Asrama putrid
Asrama putra
Mushola
Pondok tradisional
Perumahan guru
Toilet tradisional
KWH pln
4 lokal
1 lokal
1 unit
9 pintu
8 pintu
1 buah
20 buah
2 pintu
2 tempat
2 unit

BAB II
GAMBARAN UMUM SEKOLAH

D.    Historis dan Letak Geografis
Pendirian pondok pesantren (ponpes) ini diawali dari keinginan mengembangkan/ meningkatkan pendidikan islam diwilayah kabupaten Sarolangn Bangko ( Sekarang Kabupaten Merangin) oleh seorang ulama muda yuag baru kembali dari bertahun-tahun menimba/menuntut ilmu agama di Makkah Al-mukarramah yaitu K. H. Abd Satar Saleh dengan hasil musyawarah dan petunjuk Allah SWT akhirnya ditempatkan di Desa Titian Teras ( - 5 km. dari Kota Bangko). Pondok tersebut didirikan diatas tanah wakaf – 51 Ha (sertifikat), pemberian masyarakat Desa Titian Teras untuk kepentingan agama islam.
Kemudian MTs.S PPSMQ sebuah nama sebuah sekolah swasta yang bercirikan agama islam yang ada didesa titian teras. Penyelenggaraan dari sekolah ini adalah Yayasan Pendidikan Islam Syekh maulana Qori. Sekolah ini terletak dijalan Syekh Maulana Qori,Kecamatan batang Masumai Kabupaten Merangin.
MTs.S PPSMQ didirikan pada tahun 1985. Waktu belajar disekolah adalah pada waktu pagi hari dari jam 07.30 s/d 13.20 Wib. Jarak sekolah dengan rumah penduduk – 1 Km. keliling tanahnya adalah 576.260. M, luas tanahnya = 576260 M2.

BAB III
KEGIATAN PRAKTEK

A.    Mengajar/Kurikuler
1.      Kegiatan Masuk Kelas
a.      Ketika masuk kelas guru memberikan salam, dan mengabsen para Siswa/I.
b.      Guru membuka pelajarn dengan member motivasi, appersepsi dan mengkondisikan Siswa/I.
c.       Cara membuka pelajaran sesuai dengan materi yang disajikan tahap pendahuluan, ini biasanya berlansung antra 5 sanpai 7 menit.
d.      Perhatian Siswa/I saat pelajaran dimulai baik dan serius (siap dan antusias untuk belajar).
2.      Kegiatan Pelajaran Berlansung
Selam kegiatan belajar mengajar berlansung ada siswa/siswi mengajukan pertanyaan, hal ini dilakukan bila siswa/siswi belum mengerti atau kurang jelas sehingga guru dapat menjelaskan kembali materi tersebut.
Dalam diskusi siswa/siswi lebih antusias untuk bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh siswaa/siswi itu sendiri.
3.      Penutup
Bagian penutup berlansung kurang lebih 5 sampai 7 menit untuk menyimpullkan hasil belajar mengajar yang berlansung.


B.     Non mengajar/Ekstrakulikuler
1.      Memberi pelatihan pada  latihan Upaca Bendera
2.      Mendampingi kegiatan OSIS






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester            : IX/I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
            Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan.
Kompetensi Dasar
1.      Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.      Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan.
Indicator
1.      Menjelaskan prjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia
2.      Menjelaskan usaha-usaha para pejuang demi kemerdekaan
3.      Menjelaskan peristiwa-peristiwa politik pasca pengakuan kedaulatan 
A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu mendeskripsikan perjuangan indonesia
2.      Siswa dapat menyebutkan usaha yang di lakukan para pejuang
3.      Siswa mampu menjelaskakan peritiwa-politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan 
B.     Materi Pokok
1.      Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.      Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
C.    Metode pembelajaran
1.      Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Memberi salam
b.      memulai dengan membaca Basmalah dan Do’a
c.       Absensi, Apersepsi
2.      Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskakn pengertian perjuangan
b.      Guru menjelasan usaha mempertahankan kemerdekaan indonesia
c.       Guru memberikan contoh usaha para pejuang dan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3.      Kegiatan Akhir
a.       Guru menyimppulkan pelajaran
b.      Guru meminta siswa menyebutkan ciiri-ciri mempertahan kan kemerdekaan
c.       Guru menutup pelajaran
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPS
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis

F.     Penilaian
1.      Jenis                : Tes
2.      Tekni               : Tulis
3.      Bentuk                        : Uraian




















          
      Mengetahui,                             Guru pamong                  Mahaiswa PPL
Kepala MA PPSMQ



SOLIHIN S.pd,I                           ADI SAPUTRA S.pd    HARDI
                                                                                                NIM. 2008.0009
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester            : IX
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit (2 x pertemuan)
Standar Kompetensi
            Memahami perubahan social budaya
Kompetensi Dasar
1.      Mendeskripsikan perubahan social budaya pada masyarakat
2.      Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Indicator
1.      Menjelaskan perubahan social budaya yang terjadi pada masyarakat
2.      Menjelaskan  bentuk-bentuk perubahan social
A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu menyebutkan cirri-ciri perubahan sosial
2.      Siswa  memahami devinisi  perubahan sosial budaya
3.      Siswa memahami dampak positif dan negative perubahan sosial budaya sehingga dapat menyikapi dalam kehidupan sehari-hari
B.     Materi Pokok
1.      Perubahan sosial budaya
2.      Pengendalian sosial dalam keluarga dan masyarakat
C.    Metode pembelajaran
1.      Ceramah, diskusi dan  Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
4.      Kegiatan Awal
a.      Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b.      Membuka pelajaran
5.      Kegiatan Inti
a.       Guru  menjelaskan tentang perubahan sosial budaya
b.      Guru menjelaskan cirri-ciri perubahan sosial budaya
c.       Guru menjelaskan perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial
6.      Kegiatan Akhir
d.      Guru menyimppulkan pelajaran
e.       Guru meminta siswa menyebutkan ciiri-ciri perubahan sosial budaya
f.       Guru menutup pelajaran
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPS
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis
F.     Penilaian
1.      Jenis                : Tes
2.      Tekhnik           : Tulis
3.      Bentuk                        :  lisan dan urain
         Soal
1.      Sebutkan factor penyebab  perubahan sosial budaya?
2.      Apa yang di maksut dengan perubahan sosial budaya ?
        Jawaban
1.      Factor penyebab perubahan sosial budaya antara lain:
a.       Ketidakpuasan terhadap situasi yang ada sehingga timbul keinginan untuk mencari atau menciptakan situasi baru yang jauh lebih baik;
b.      Timbulnya ketimpangan antara hal-hal yang ada sekarang dan yang seharusnya ada di masyarakat;
c.       Timbulnya tekanan dari luar yang mengharuskan individu atau masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan; serta
d.      Timbulnya kebutuhan untuk menghematkan dan peningkatan mutu dan kualitas.


2.      Perubahan sosial dapat di artikan sebagai perubahan yang terjadi sebagai akibat dari adanya ketidak sesuaian antara unsure yang saling berbeda dalam kehidupan di masyarakat.



          
 Mengetahui,                                 Guru pamong                  Mahaiswa PPL
Kepala MA PPSMQ



Solihin S,pd,I                              Adi saputra S.Pd.             Hardi
                                                                                                NIM. 2008.0009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester            : IX
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
            Memahami lembaga keuangan
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Indicator
1.      Menjelaskan jenis-jenis uang
2.      Menjelaskan tentang perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian dunia
A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu mengetahui jenis-jenis uang
2.      Siswa mampu menjelaskan tentang perdagangan internasional dan dampak nya tehadap perekonomian dunia
B.     Materi Pokok
Uang dan lembaga keuangan
C.    Metode pembelajaran
Ceramah, diskusi dan  Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b.      Membuka pelajaran
2.      Kegiatan Inti
a.      Guru menjelaskan jenis-jenis uang
b.      Guru memaparkan sejarah perkembangan uang dari zaman dulu sampai sekarang.
3.      Kegiatan Akhir
a.      Guru menyimppulkan pelajaran
b.      Guru meminta siswa menyebutkan beberapa jenis-jenis uang
c.       Guru menutup pelajaran
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPS
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis
F.     Penilaian
1.      Tes Lisan
2.      Penilaian Afektif
3.      Penugasan




Soal
1.       Jelaskan pengertian uang?
2.      Sebutkan tahap-tahap perkembangan uang, menurt sejarah!
Jawaban
1.      Uang adalah segala sesuatu yang diterima oleh masyarakat umum, sebagai alat pembayaran yang sah, dan alat pertukaran dalam perdagangan.
2.      Dalam sejarah perkembangan uang mengalami uang mengalami beberapa tahap, yaitu tahap sebelum barter, tahap barter, tahap uang barang, tahap uang logam, tahap uang kertas, dan tahap uang giral.





          Pulau raman  november 2011
Mengetahui,                            
Kepala MA PPSMQ                        Guru pamong                   Mahaiswa PPL



Solihin,S,pd.I                               Adi saputra, S.Pd               Hardi
                                                                                                  Nim. 2008.0009




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester            : IX
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
            Memahami perdagangan internasional
Kompetensi Dasar
             Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
Indicator
1.      Memaparkan, dmpak perekonomian Indonesia akibat perdagangan internasional
2.      Menjelaskan peran perdagangan internasional

A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu menyebutkan bentuk-bentuk perdagangan internasional
2.      Siswa mengetahui peran perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
B.     Materi Pokok
Perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
C.    Metode pembelajaran
Ceramah diskusi dan Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Menganalisis siituasi, Absensi, Apersepsi
b.      Membuka pelajaran
c.       Mengulang pelajaran yang lalu
2.      Kegiatan Inti
a.      Guru menjelaskan tentang perdagangan internasional
b.      Guru menjelaskan cirri-ciri perdagangan internasional
c.       Guru menjelaskan dampak perdagangan internasional terhaadap perekonomian indonesia
3.      Kegiatan Akhir
1.      Guru menyimppulkan pelajaran
2        Guru meminta siswa menyebutkan beberapa peran perekonomian internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
3        Guru menutup pelajaran
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPS
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis

F.     Penilaian
1.      Jenis                : Tes
2.      Tekhnik           : Tulis
3.      Bentuk                        :  lisan dan urain
       

 Soal
1.      Apa yang di maksut dengan perdagangan internasional?
2.      Jelaskan dampak positif perdagangan internasional?
Jawaban
1.      Perdagangan internasional adalah suatu proses tukar-nenukar atu jual beli antara barang dan jasa antara dua Negara atau lebih
2.      Dampak positif perdagangan internasional antara lai: memperoleh barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri di dalam negri, menambah perolehan devisa bagi Negara pelaku peragangan internasional, menyebabkan terjadinya alih teknologi dari Negara maju kepada Negara berkemb Negara berkembang, memperluas pasar bagi barang hasil produksi dalam negri, menjalin kerjasama antar Negara dan arus pertukaran barang antar Negara, menambah pendapatan Negara dari bea yang akan di bayar oleh eksportir dan infortir, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas ekonomi nasional serta mempererat persahabatan




                     Titian Teras, 4 November 2010
 Mengetahui,                           
Kepala MA PPSMQ                        Guru pamong               Mahasiswa PPL


Ahmad Syukri,S.Ag                      Rahmawati, S.P               Masyitoh
                                                                                                  Nim. 27.25.04

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran            : IPA Biologi
Kelas/Semester            : X/I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan cirri dan jenis jamur berdasarkan pengamatan, percobaan, dan kajian literature serta peran bagi kehidupan 
Indicator
1.      Menjelaskan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur
2.      Menjelaskan peran jamur bagi kehidupan
A.    Tujuan pembelajaran
3.      Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri dan jenis  jamur
1.      Siswa mampu mengetahui peran jamur bagi kehidupan
2.      Siswa mengetahui manfa’at dan bahaya jamur bagi kehidupan
B.     Materi Pokok
1.      Lingkungan dan jamur
C.    Metode pembelajaran
1.      Ceramah Tanya jawab dan Diskusi
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b.      Membuka pelajaran
c.       Mengulang pelajaran yang lalu
2.      Kegiatan Inti
a.      Guru menjelaskan tentang filum
b.      Guru menjelaskan cirri-ciri umum filum dalam kingdom protesta
c.       Guru menjelaskan peran protista

d.      Kegiatan Akhir

1.      Guru menyimppulkan pelajaran
2.      Guru meminta siswa menyebutkan beberapa peran Archaebecteria dan eubacteria
3.      Guru menutup pelajaran
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPA Biologi
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis
F.     Penilaian
1.      Jenis                : Tes
2.      Tekhnik           : Tulis
3.      Bentuk                        :  lisan dan urain
         Soal
1.      Sebut cirri-ciri jamur
2.      Sebutkan manfa’at jamur
Jawaban
1.      Ciri jamur
-          Eakariotik
-          Uniseluller dan multiseluler
-          Tidak memiliki klorafil
-          Dinding sel berupa kritin
2.      Pemanfa’atannya yaitu dalam pembuatan ragi, Tapai, Roti dan Tempe









         Titian Teras, 4 November 2010
 Mengetahui,                           
Kepala MA PPSMQ                    Guru pamong                      Mahasiswa PPL


Ahmad Syukri,S.Ag                   Rahmawati, S.P                  Masyitoh
                                                                                                  Nim. 27.25.0
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran            : IPA Biologi
Kelas/Semester            : X/I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
            Memahami hakikat Biologi sebagai illmu
Kompetensi Dasar
            Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi  (molekul, Komunitas, ekosistem dan bioma)
Indicator
1.      Menjelaskan objek biologi
2.      Menjelaskan tiingkat Organisasi kehidupan
A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa dapat menyebutkan berbagai tingkatan organisasi kehidupan beserta contohnya
B.     Materi Pokok
1.      Lingkungan, molekul, sel, individu, repulasi dan b ioma
C.    Metode pembelajaran
1.      Ceramah, diskusi  dan Tanya jawab
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b.      Membuka pelajaran
c.       Mengulang pelajaran yang lalu
2.      Kegiatan Inti
a.      Guru menjelaskan tentang objek biologi dan permasalahannya
b.      Guru menjelaskan tigkat organisasi  kehidupan beserta conroohnya
3.      Kegiatan Akhir
a.      Kesimpulan
b.      Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdalah
c.       Memeberi salam
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket Buku paket IPA Biologi
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis
F.     Penilaian
1.      Jenis                : Tes
2.      Tekhnik           : Tulis
3.      Bentuk                        :  lisan dan urain
         Soal
1.      Sebutkan tingkatan-tingkatan Organisasi kehidupan;
Jawaban
1.      Tingkatan-tingkatan Organisasi kehidupan
-          Molekul                             - Individu
-          Sel                                     - populasi
-          Jaringan                             - Komonitas
-          Organ                                - Ekosistem
-          Sistim Organ                     - Bioma

                    

         Titian Teras, 4 November 2010
 Mengetahui,                           
Kepala MA PPSMQ                    Guru pamong                      Mahasiswa PPL


Ahmad Syukri,S.Ag                   Rahmawati, S.P                  Masyitoh
                                                                                                  Nim. 27.25.04










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS 
Sekolah/madrasah       : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran            : IPS Geografi
Kelas/Semester            : X/I
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Standar Kompetensi
            Memahami sejarah pembentukan Bumi
Kompetensi Dasar
            Mendeskripsikan tata surya dan jagat raya
Indicator
1.      Mamahami prinsip dan ilmu bantu pada studi geografi
2.      Menguaikan prinsip-prinsip geografi
3.      Menguraikan ilmu bantu pada studi geografi
A.    Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip dan ilmu bantu pada studi geografi
2.      Siswa dapat menyebutkan prinsip-prinsip geografi
3.      Siswa dapat menyebutkan ilmu bantu pada studi geografi
B.     Materi Pokok
1.      Bumi dan perkembanganya
a.       Jagat Raya
b.      Tata Surya
C.    Metode pembelajaran
2.      Ceramah, Tanya Jawab Demonstrasi
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.      Memberi salam
b.      memulai dengan membaca Basmalah dan Do’a
c.       Absensi, Apersepsi dan melanjutkan materi yang di ajarkan
2.      Kegiatan Inti
a.       Guru menyampaiakan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai
b.      Penjelasan materi
c.       Tanya jawab
3.      Kegiatan Akhir
a.       Kesimpulan
b.      Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdalah
c.       Memeberi salam
E.     Sumber/Alat
1.      Buku paket IPS Geografi terbitan Yudistira
2.      Sumber yang relavan
3.      Spidol dan papan tulis

F.     Penilaian
1.      Tes Lisan
2.      Penilaian Afektif

                      Titian Teras,2 November 2010
      Mengetahui,                             Guru pamong                  Mahasiswa PPL
Kepala MA PPSMQ



Ahmad Syukri,S.Ag              Eka Puji Hastuti,S.Pd          Asparo Jeni
                                                                                                NIM. 27.25.169











DAFTAR PIKET HARIAN
Mahasiswa STAI SMQ Bangko
Di Madrasah Aliyah PPSMQ


No
Senin
Selasa
Rabu
1
2
3
Azwar
Sakinah
Afnan
Asparo Jeni
Masyitoh
Halimah 
Ilal hadi
Jamilah
Deni Tesra

Keterangan tugas piket
1.      Manyajikan minuman/snack diruang majelis guru
2.      Mengisi waktu kosong pada kelas yang gurunya berhalangan dengan materi yang telah ditentukan
3.      Memimbing siswa membersihkan lingkungan sekolah

Titian Teras, Desember 2010
Kepala MA PPSMQ



Ahmad Syukri, S.Ag



















JADWAL MATA PELAJARAN YANG DIAJARKAN

No
Hari
Jam
Mata Pelajaran
Kelas
Keterangan
1
2
3
4
5
6
Selasa
Selasa
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
10.40 s/d 12.00
12.00 s/d 13.20
08.50 s/d 09.30
10.40 s/d 12.40
11.20 s/d 12.00
12.00 s/d 13.20
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
XI
XI
X
X
XII
XII
Putri
Putra
Putri
Putra
Putra
Putri



Titian Teras, Desember 2010
Guru Praktek



Asparo Jeni
NIM. 27.25.169














PROFIL PONDOK PESANTREN
Nama Pondok             : Pondok Pesantren Syekh Maulana Qori
Alamat                                    : JLN. Syekh Maulana Qori Titian Teras
Kecamatan                  : Batang Masumai
Kabupaten                   : Merangin
Provinsi                       : Jambi
Nama Pimpinan           : K.H. Abd. Satar Saleh

Keterangan  :
No
Unsur Sekolah/ Pondok

Jumlah

1
2
3
4
5
6
7
Pimpinan
Sekretaris
Guru Tetap
Guru Tidak Tetap
Instruktur Computer
Tata Usaha
Penjaga Sekolah/Pondok























DAFTAR WALI KELAS
MADRSAH ALIYAH PPSMQ

No
NAMA
Wali Kelas
KET
X PA
X PI
XI PA
XI PI
XII PA
XII PI
1.
2.
3.
Eka Puji Hastuti, S.Pd
Bebasti Mastin Yudar, S. Pd
M. Firdaus, S.T















Titian Teras,   Desember 2010
Kepala PPSMQ



Ahmad Syukri, S. Ag





















DATA GURU
DI MADRASAH PONDOK PESANTREN SYEKH MAULANA QORI
TITIAN TERAS


G.    Motto, Visi dan Misi MAN Bangko
Adapun motto dari MAN Bangko adalah  “TERAMPIL” (Teladan, Efektif, Rapi, Amanah, Mandiri, Patuh, Ikhlas, Lues).
Visi : “Terwujudnya Madrasah Aliyah Negeri Bangko Sebagai Pusat Pengkajian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yang Berlandaskan Iman dan Taqwa Menuju Masyarakat Madani”
Misi : 1. Meningkatkan mutu kompetensi akademik dan non akademik
2. Menumbuh kembangkan kualitas potensi diri siswa secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya
3.  Mewujudkan lingkungan MAN Bangko yang kondusif dan transparan
4. Menerapkan manajemen partisipasi dan pelayanan prima dengan melibatkan komite madrasah dan semua masyarakat yang peduli terhadap pendidikan
H.    Keadaan Sarana dan Prasarana Sekolah
Adapun sarana dan prasarana MAN Bangko adalah sebagai berikut:
1.      Ruang Kepala                         : 1 ruang
2.      Ruang Tata Usaha                   : 2 ruang
3.      Ruang WK Guru                     : 1 ruang
4.      Ruang BP/BK                         : 1 ruang
5.      Ruang UKS                            : 3 ruang
6.      Ruang Belajar                         : 11 ruang
7.      Ruang Pustaka                                    : 1 ruang
8.      Ruang Labor IPA                   : 1 ruang
9.      Ruang Labor Bahasa/Com      : 1 ruang
10.  Pos Security                            : 1 unit
11.  Mushola                                  : 1 unit
12.  Parkir                                       : 2 unit
13.  Kantin                                     : 1 unit


DENAH MA PPSMQ TITIAN TERAS
                                                                                                                                                           
kantin
Lokal Putra
Lokal Putri

K
Aula
Labor
Ruang guru
 P
Lokal Putri
Lokal Putri

kantor
kprs

kantin
Lokal Putra
Lokal Putra
 




I.      
KEPALA
AHMAD SYUKRI, S.Ag
Struktur Organisasi MAN Bangko
KOMITE
A. BAKAR, AR
KAUR TU
Arfan Rizal, S.Ag

PERLENGKAPAN
Sri Rahayu
P. UMUM
Darsiah, S.Ag
BENDAHARA
Mujiono
 









                                                                   
WAKA SARANA
Junaidi, S.Pd
WAKA KESISWAAN
Marwan, S.Pd.I
WAKA HUMAS
Drs. Muslim. B
WAKA KURIKULUM
Sugianto, S.Pd
WAKA LIFE SKILL
Drs. Fuadi
Ko. M. PJRAN
Junaidi, S.Pd
Ko. LIFESKILL
Drs. Fuadi
Ko. DIB

Ko. HUMAS
Drs. Muslim. B

TATIB MA
Drs. Rasmul H.

Ko. EKTRAKULER


KOPERASI SISWA
Rosmawati, S.Pd

PERPUSTAKAAN
Krisnawati Ida, S.Pd
DEWAN GURU
Koor. BP/BK
Aprizon, S.Pd
WALI KELAS
 










                   
X PA/PI

XII PA/PI



TERLAMPIR PADA DATA GURU
MAN BANGKO

SISWA-SISWI
MAN BANGKO
XI PA/PI



BAB III
KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

A.    Mengajar/Kurikuler

LAPORAN KEGIATAN MINGGUAN
Nama               : Ummi Kalsum
Nim                 : T.PAI.I.2008.0009
Program studi  : Strata Satu (S.1)
Kecamatan      : Batang Masumai
Kabupaten       : Merangin

No
Hari/tanggal
Kegiatan
Hasil yang dicapai
Ket
1.




2.




3.





4.










5.






6.


7.
Senin, 17 Oktober  2010



Selasa,18 Oktober  2010



Rabu,19Oktober  2010




Kamis 20 Oktober  2010









Jum’at,21 Oktober  2010





Sabtu ,22 Oktober  2010

Minggu,23 Oktober  2010
Ø  Pertemuan mahasiswa STAI SMQ BANGKO dengan KEPALA MTS Depati AGUNG Pulau

Ø  Raman
Ø  Mengisi jam Kosong di kelas
1.      VIII A PI MTs.S

Ø  Piket Kantor
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong

Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong di Kelas
1.      VIII A PI MTs.S

Terlaksana




Terlaksana




Terlaksana





Terlaksana



Terlaksana

Terlaksana


Terlaksana

Kelompok
Individu



Kelompok
Individu



Individu





Individu



Kelompok

Individu


Individu



1.




2.





3.



4.






5.



6.


7.
Senin, 25 Oktober  2010



Selasa,26 Oktober  2010




Rabu,27 Oktober  2010


Kamis 28 Oktober  2010





Jum’at,29 Oktober  2010


Sabtu ,30 Oktober  2010

Minggu,31 Oktober  2010
Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong mata peajaran Akidah Akhlak di kelas
1.      IX C  PI MTs.S
Ø  Piket Kantor
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong
Ø  Ngelayat Siswi meninggal Dunia di Desa Pulau Layang
Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong di Kelas
1.      VII A PI MTs.S
2.      VIII A PI MTs.S
3.      X PI MA (Sosiologi)

Terlaksana




Terlaksana





Terlaksana



Terlaksana






Terlaksana



Terlaksana


Terlaksana


Kelompok
Individu



Kelompok
Individu




Individu



Individu






Kelompok
Kelompok


Individu


Individu





1.




2.





3.



4.






5.

6.


7.
Senin, 1 November 2010



Selasa,2 November 2010




Rabu,3 November 2010


Kamis 4 November 2010





Jum’at,5 November 2010
Sabtu ,6 November 2010

Minggu,7 November 2010
Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong di kelas
1.      IX C PI MTs.S (Bahasa Arab)
Ø  Piket Kantor
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong

Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong
1.      VII A PI MTs.S (Shorof)
2.      X PA MA (Sosiologi)

Terlaksana




Terlaksana





Terlaksana



Terlaksana






Terlaksana

Terlaksana


Terlaksana

Kelompok
Individu



Kelompok
Individu




Individu



Individu






Kelompok

Individu


Individu



1.




2.







3.



4.






5.

6.


7.
Senin, 8 November 2010



Selasa,9 November 2010






Rabu,10 November 2010


Kamis,11 November 2010





Jum’at,12 November 2010
Sabtu ,13 November 2010

Minggu,14 November 2010

Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong mata pelajaran Bahasa Arab di kelas
1.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong di Kelas
1.      VII A PI Mts.S (PKN)
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong

Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong
1.      VII A PI MTs.S (Shorof)
2.      X PA MA (Sosiologi)

Terlaksana




Terlaksana







Terlaksana



Terlaksana






Terlaksana

Terlaksana


Terlaksana


Kelompok
Individu



Individu







Individu



Individu






Kelompok

Individu


Individu



1.




2.



3.

4.

5.

6.


7.
Senin, 15 November 2010



Selasa,16 November 2010


Rabu,17 November 2010
Kamis,18 November 2010
Jum’at,19 November 2010
Sabtu ,20 November 2010

Minggu,21 November 2010

Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong mata pelajaran Bahasa Arab di kelas
1.      IX C PI MTs.S
Ø  Piket Kantor
Ø  Apel Pagi
Ø  Libur Hari Raya Idul Adha
Ø  Libur Hari Raya Idul Adha
Ø  Libur Hari Raya Idul Adha
Ø  Libur Hari Raya Idul Adha
Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong
1.      VII A PI MTs.S (Shorof)
2.      X PA MA (Sosiologi)

Terlaksana




Terlaksana



Terlaksana

Terlaksana

Terlaksana

Terlaksana


Terlaksana


Kelompok
Individu



Individu



Individu

Individu

Individu

Individu


Individu



1.




2.








3.



4.






5.

6.


7.
Senin, 22 November 2010



Selasa,23 November 2010







Rabu,24 November 2010


Kamis,25 November 2010





Jum’at,26 November 2010
Sabtu ,27 November 2010

Minggu,28 November 2010

Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong mata pelajaran Bahasa Arab di kelas
2.      IX C PI MTs.S
Ø  Piket Kantor
Ø  Mengisi Jam Kosong di Kelas
1.      VII A PI Mts.S (PKN)
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong

Ø  Mengajar Geografi di kelas
1.      IX A PA MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong
1.      VII A PI MTs.S (Shorof)
2.      X PA MA (Sosiologi)

Terlaksana




Terlaksana








Terlaksana



Terlaksana






Terlaksana

Terlaksana


Terlaksana


Kelompok
Individu



Individu








Individu



Individu






Kelompok

Individu


Individu



1.







2.




3.



4.






5.

6.

7.
Senin, 29 November 2010






Selasa,30 November 2010



Rabu,1Desember 2010


Kamis,2 Desember 2010





Jum’at,3 Desember 2010
Sabtu ,4 Desember 2010
Minggu,5 Desember 2010

Ø  Upacara Bendera
Ø  Mengisi jam Kosong mata pelajaran Bahasa Arab di kelas
1.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengisi Jam Kosong di Kelas
1.      VII A PI Mts.S (PKN)
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI PA MA
3.      IX C PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX A PI MTs.S
2.      IX B PI MTs.S
Ø  Mengajar mata pelajaran geografi dikelas
1.      IX B PA MTs.S
2.      X PI MA
3.      XI PA MA
4.      XII PA MA
5.      XII PI MA
Ø  Gotong Royong

Ø  Ngawas ujian llisan di kelas I (Pondok)
Ø  Ngawas ujian llisan di kelas I (Pondok)

Terlaksana







Terlaksana




Terlaksana



Terlaksana






Terlaksana

Terlaksana

Terlaksana
Kelompok
Individu






Individu




Individu



Individu






Individu

Individu

Individu
1.



2.


3.

4.

5.

6.

7.
Senin, 6 Desember 2010


Selasa,7 Desember 2010

Rabu,8 Desember 2010
Kamis,9 Desember 2010
Jum’at,10 Desember 2010
Sabtu ,11 Desember 2010
Minggu,12 Desember 2010

Ø  Upacara Bendera
Ø  Ngawas ujian llisan di kelas I (Pondok)
Ø   
Ø  Yasinan menyambut I Muharram

Ø  HER Ujian Lisan

Ø  HER Ujian Lisan

Ø  Minggu tenang

Ø  Minggu tenang

Ø  Minggu tenang
Terlaksana
Terlaksana


Terlaksana


Terlaksana

Terlaksana


Kelompok
Individu


Kelompok


Individu

Individu



1.




2.



3.


4.

5.

6.

7.
Senin, 13Desember 2010


Selasa,14 Desember 2010


Rabu,15 Desember 2010

Kamis,16 Desember 2010
Jum’at,17 Desember 2010
Sabtu ,18 Desember 2010
Minggu,19 Desember 2010

Ø  Pengawas Ujian Di Kelas
1.      VII B PA MTS
2.      VII b PA MTS
3.      VII b PI MTS
4.      XI PA MA
Ø  Pengawass Ujian Dikelas
1.      VII c PA MTS
2.      VII c PA MTS
3.      XII PI MA
Ø  Pengawass Ujian Dikelas
1.      XI PI MA
2.      XI Pi MA

Terlaksana




Terlaksana
Individu




Individu

1.


2.

3.

4.

Senin, 20 Desember 2010
Selasa,21 Desember 2010

Rabu,22 Desember 2010
Kamis,23 Desember 2010

Ø   




Ø   











B.     Non Mengajar/Ektrakurikuler

LAPORAN KEGIATAN  NON MENGAJAR/EKSTRAKURIKULER

Nama                           : M. TARUL
NIM                            : 26.25.055
Program Studi             : S.1  Tarbiyah/PAI
Sekolah/Madrasah       : Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko
Kabupaten                   : Merangin


Minggu ke       : I (Pertama)
NO
HARI/
TANGGAL
KEGIATAN
HASIL YANG DICAPAI
KETERANGAN
1
2
3
4
5

1













Senin,
12-10-2009

Pertemuan mahasiswa STAI
SMQ     Bangko dengan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko.

Penyerahan mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko

Terlaksana




Terlaksana

Kelompok




Kelompok.
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko yang diwakili oleh Wakil Kepala Bid. Kurikulum dan Wakil Kepala Bid. Kesiswaan
2
Selasa
13-10-2009
Pembagian roster pelajaran oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum kepada mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

Obsevasi ke kelas-kelas yang akan dijadikan praktek mengajar bagi mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sekaligus perkenalan dengan murid di kelas tersebut

Terlaksana

Kelompok dan individu.




Kelompok.

3








Rabu
14-10-2009
Absen harian di Madrasah.


Melaksanakan piket harian anggota PPL

Observasi ke fasilitas Madrasah: Perpustakaan, Kantin kejujuran, laboratorium, musholla, ruang osis
Terlaksana dengan baik

Terlaksana dengan baik

Terlaksana dengan baik

Individu.


Kelompok


Kelompok dan individu.

4
Kamis
15-10-2009
Absen harian di Madrasah.


Observasi ke kelas dan perkenalan kepada siswa-sisw atas kehadiran anggota PPL di MAN Bangko

Terlaksana dengan baik.

Terlaksana dengan baik.


Individu


Individu



5
Jum’at
16-10-2009
Absen harian di Madrasah.


Melaksanakan piket harian anggota PPL.

Mendampingi anak dalam kegiatan kultum umum di halaman Madrasah

Mengajar murid dalam kegiatan pengembangan diri Seni dan Olahraga

Mengajar murid dalam kegiatan pengembangan diri cabang latihan MC.

Terlaksana dengan baik.

Terlaksana


Terlaksana


Terlaksana dengan baik.


Terlaksana dengan baik.
Individu


Kelompok dan Individu


Kelompok


Individu



Individu

6
Sabtu
17-10-2009
Absen harian di Madrasah


Melaksanakan piket harian anggota PPL.

Terlaksana dengan baik.

Terlaksana dengan baik.

Individu.


Kelompok.

7
Minggu
18-10-2009
Libur Madrasah.




Bangko,    Desember 2009
Guru Pamong                                                  Guru Praktek




Drs. ABDULLAHLIM, M.Pd.I                                           M. T A R U L
  NIP. 196704111991031014                                     NIM. 26.25.055

Diketahui oleh:
KEPALA MAN BANGKO





















BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Praktek pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu proses awal pembelajaran menjadi seorang tenaga pendidik dengan mengaplikasikan teori ke praktik, hal ini harus diupayakan secara profesional dengan metode-metode mengajar dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berkembang dan berlaku.
Kegiatan PPL sangat baik dan penting dilaksanakan dengan sungguh-sungguh oleh setiap mahasiswa program pendidikan, karena melalui PPL ini kita dapat mengembangkan teori yang selama ini kita peroleh. Terkadang kondisi yang kita temukan dilapangan berbeda dengan teori yang kita pelajari. Teori merupakan dasar untuk melaksanakan praktek dilapangan dan teori itu harus kita kembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi dilapangan.
Praktek pengalaman lapangan (PPL) juga bertujuan untuk melatih mahasiswa (calon tenaga pendidik) agar memiliki kemampuan menggunakan kinerja dengan situasi nyata baik kegitan mengajat maupun tugas-tugas non mengajar dan memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar mampu melaksanakan tugas sebagai seorang guru yang selayaknya disekolah-sekolah tempat mereka mengadakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) serta Mengenal lebih dekat tentang lingkungan fisik, administrasi sekolah dan menjadi referensi atas kerjanya kelak apabila telah mengabdikan dirinya disebuah lembaga pendidikan.
Proses pembelajaran menjadi seorang tenaga pendidik yang bijaksana dan profesional, Menarik pelajaran, penghayatan dan pengalaman selaman melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri pentingya pekerjaan profesional dan Melatih mengendalikan sikap, emosi dan perasaan sebagaimana layaknya seorang guru sehingga menjadi motivator bagi siswa dan membantu mahasiswa dalam menemukan metode belajar yang efektif dan efesien.
B.     Saran-saran
Setelah penulis mengadakan Praktek pengalaman lapangan (PPL) di MAN Bangko yang berlangsung dari tangga 12 Oktober s/d 13 Desember 2009 dan menyusun laporan ini, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut:
  1. Kepada kepala MAN Bangko kiranya dapat mempertahankan prestasi sekolah yang bertaraf nasional dan eksistensinya sampai kapanpun, karena MAN Bangko merupakan lembaga pendidikan yang memang betul-betul menerapkan kedisiplinan yang tinggi, baik disiplin pegawai, majelis guru, murid, administrasi sekolah, sarana prasarana dan kedisiplinan dalam proses belajar mengajar, MAN Bangko merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Merangin dan kebanggaan penulis sendiri.
  2. Kepada majelis guru MAN Bangko pada dasarnya adalah guru-guru yang berkompenten dan profesional dalam memberi naungan, membimbing dan mendidik, selalu tetap semangat dan menanamkan jiwa ikhlas beramal sehingga akan mendapat keridhoan dari Allah SWT nantinya.
  3. Kepada teman-teman mahasiswa yang masih dalam proses menyelesaikan studi pendidikan agar kiranya memang betul-betul memahami dan mempelajari keilmuan mengenai pendidikan seorang guru untuk mengajar di sekolah nantinya.
  4. Kepada pihak keluarga/wali murid yang menyekolahkan anaknya di MAN Bangko agar lebih memperhatikan dan membimbing anak dirumah dengan menamkan iman dan ketaqwaan, karena keluarga adalah penanggung jawab pertama dalam pendidikan anak.
  5. Kepada siswa-siswi MAN Bangko, jadilah MAN Bangko sebuah kebanggaan, karena sekolah yang telah meraih ribuan prestasi baik tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan tingkat nasional, jaga almamater/sekolah, baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah 
C.    Kata Penutup
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat taufik dan hidayah-Nya dan atas bantuan pihak yang terkait sehingga Laporan PPL ini dapat penulis selesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Laporan PPL ini hasil maksimal dari penulis, namun penulis merasa banyak sekali kekurangan dalam melaksanakan  Praktek pengalaman lapangan (PPL) maupun menyusun laporan ini, semua ini bukanlah hal yang disengaja, akan tetapi kemampuan penulis yang masih serba kekurangan dan terbatas. Untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan. Atas perhatian dan dukungannya penulis ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum. Wr.Wb
Bangko,     Desember 2009
Penulis,


M. T A R U L
NIM. 25.25.1227































DAFTAR PUSTAKA



Profil Kampus Hijau, Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh maulana Qori (PPSMQ) Titian Teras “Terampil” 2005; diterbitkan oleh MAN Bangko
Buku Panduan Akademik STAI SMQ Bangko Tahun Akademik 2005-2006; diterbitkan oleh STAI SMQ Bangko
Buku Panduan Akademik STAI SMQ Bangko Tahun Akademik 2008-2009; diterbitkan oleh Tim Revisi STAI SMQ Bangko
Buku Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Program Strata Satu (S.1) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ahwalul As-Syakhsiyah 2010-2011; diterbitkan oleh Panitia PPL STAI SMQ Bangko
Rosminarni, (2008). Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 34 Merangin Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin
Yamin, Martinis, Drs, M.pd, (2003) Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung; Gaung Persada Press
Aqib, Zainal, H, Drs, M.Pd (2008) Karya Tulis Ilmiah; Bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung; PT. Yrama Widya
Heri Jauhari, Drs, M.Pd (2007) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah; Artikel, Resensi, laporan, Makalah, Proposal, Skripsi dan Tesis. Bandung; CV Pustaka Setia
Nurtanjung, Bahdin, H, SE, MM dan Ardial, H, Drs, M.Si (2005) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Prosal, Skripsi, Tesis dan Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta; Kencana Prenada Media Group.
Nsution, S, Prof. Dr, MA (2008) Buku Penuntun Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta; PT. Bumi Aksara































                      
ABSEN KLS I MTS.s DEPATI AGUNG

1
A.kasmuda
2
Anidar
3
Amzam prayudi
4
Ahmad roni
5
Amin ra,is
6
Apri andani
7
Deli saftika
8
Ema kartina
9
Eka lestari
10
Gandi suprianto
11
Hafriko
12
Hasmanidar
13
Ikroni
14
Jamrul huda
15
Khorul amin
16
Kitgusmanto
17
Megawatri
18
Maryatul habibah

m. alialatas
19
m. yazit
20
m. wahyu
22
Marfawi
23
m. ilham
24
Ningsi anggraii
25
Nanda lestari
26
Piqri
27
Priansyah
28
Riadus soleh
29
Rini jumita
30
Riko handri
31
Sefka hastina
32
Samhur
33
Suproto hasril iskandar
34
Wiwik
35
Zumilarti
36
zarhadi












NAMA SISWA KLS II MTS


NO
NAMA
1
Abi
2
Ade saputra
3
Al hadi
4
Ardian

Bambang sugianto
5
Desi maryani
6
Eni sentia
7
Hadi amanah
8
Hadiyanus
9
Iki sundari
10
Islamiah
11
Irna yati
12
Latifah
13
Lutfi
14
Mu,alimah
15
Muyfar
16
Nurlina
17
Ofi marya
18
Rembi
19
Restiyopiani
20
Ratih wahyuni
21
Resi ratnasari

subardi
22
Tuti irmaya
23
Yuni pramida
24
Zumrotul husna
25

26


















NAMA SISWA KLS III


NO
NAMA SISWA
1
Abdul aziz
2
Ardianto
3
Aan saputra
4
Abdulkholiq
5
Abdulkholiq ii
6
Alex syukur
7
Ahmat tazi
8
Dera andika
 9
Hartawan
10
Imi saputrianti
11
Japri darwansyah
12
Khumaidi
13
Lilies suryanianti
14
Munawaroh
15
Nurwani

Nuraini
16
Nikmatulusma

Pira tomi
17
Rusdianto
18
Rudi candra
19
Syahfudin
20
Siti nurmaya sari
21
Yeni eka sari
22
Zikri
23

25




















STRUKTUR ORGANISASI MTS,s  DEPATI AGUNG

PELINDUNG/PENASEHAT

1.      Camat muara siau
2.      UPTD kec. Muara siau
3.      Kades pulau raman
K.a TATA USAHA

M. QOSIM
KEPALA SEKOLAH

SOLIHIN .S.Pd.I
KOMITE SEKOLAH

KETUA : ARIPIN
W. KETUA: GANI.
SEKRETARIS : A.MALIK. S.Pd
BENDAHARA: NISWATI
ANGGOTA: SITI RIAWANI
             
WAKIL KURIKULUM
HARTONI S.Pd:

WALI  KELAS

X : M. zamzami

XI :

XII
WAKIL KESISWAAN
ADE SAPUTRA. S.Pd
PEMBINA
1.      OSIS : zamroni S.Pd
2.      Pramuka : yazid. S.Pd.I
3.      KU.praktek : Komarudin
4.      KU. Aslin : feri siswanto
TENAGA PENDIDIK
1.      Agussalim. S.Pd

2.      Solihin .S.Pd.I

3.      Ade saputra S.Pd

4.      Hartoni S.Pd

5.      Yazid. S.Pd.I

6.      Aswandi.SE

7.      Zamroni. S.Pd

8.      Eti witasari. S.pd

9.      Yanti.S.Pd

10.  Hartinah. S.Pd

11.  A.malik.S.pd

12.  Zamzami.S.pd.I

13.  Feri siswanto

14.  komarudin
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar