SILABUS
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan PAI
Kode
Mata Kuliah : MKB PAI 506
Komponen : MKB (Mata kuliah Keahlian Berkarya)
Program
Studi/Jur : Pendidikan Agama Islam/Tarbiyah
Semester : Ganjil (V/Lima)
Bobot : 2 SKS
Dosen
Pengampu : Prof. Dr. H. Mukhtar, M.Pd.
Dosen
Asisten : Muhammad Nuzli, S.Pd.I.
A. Standar
Kompetensi
Mahasiswa memiliki wawasan dan
pemahaman tentang Teknologi Pendidikan sebagai konsep, teori dan
aplikasinya padaPendidikan Agama Islam baik pada tingkat satuan pendidikan dasar maupun menengah.
aplikasinya padaPendidikan Agama Islam baik pada tingkat satuan pendidikan dasar maupun menengah.
B. Kegiatan
Perkuliahan
TAMU
KE
|
Kompetensi
Dasar
|
Pokok
Bahasan
|
Indikator
PEMBELAJARAN
|
Kegiatan
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Ketera-ngan
|
1
|
Mahasiswa
memahami sistem kontrak mata kuliah
|
Orientasi
Kontrak Mata Kuliah
|
o Memahami
kompetensi yang dicapai
o Memahami
pokok pembahasan yang dibahas
o Memahami
penilaian yang diterapkan
|
o
Presentasi Dosen
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100 Menit
|
Dosen
|
2
|
Mahasiswa
memahami definisi teknologi pendidikan
|
Definisi
(Definition) Teknologi Pendidikan
|
o Mampu
menjelaskan definisi teknologi pendidikan dari tahun 1963-2008
o Mampu
menjelaskan ruang lingkup teknologi pendidikan berdasarkan definisinya
|
o
Presentasi Dosen
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Dosen
|
3
|
Mahasiswa
memahami Teknologi Pendidikan sebagai fasilitas belajar/pembelajaran (facilitating
learning) pada Pendidikan Agama Islam
|
Teknologi
Pendidikan sebagai fasilitas belajar/pembelajaran (facilitating learning)
pada Pendidikan Agama Islam
|
o Memahami
latar belakang pentingnya fasilitas pembelajaran PAI
o Memahami
fasilitas pembelajaran dari sudut pandang behavior, kognitivisme, dan konstruktivisme
o Memahami
media versus metode dalam pembelajaran
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
I
|
4
|
Mahasiswa
memahami Teknologi Pendidikan sebagai peningkatan kinerja (Improving
Performance) pada PAI
|
Teknologi
Pendidikan sebagai peningkatan kinerja (Improving Performance) pada Pendidikan
Agama Islam
|
o Memahami
peningkatan kinerja individu belajar
o Memahami
peningkatan kinerja guru dan desainer
o Memahami
peningkatan kinerja organisasi
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
II
|
5
|
Mahasiswa
memahami menciptakan (Creating) proses dan sumber belajar pada Pendidikan
Agama Islam
|
Menciptakan
(Creating) proses dan sumber belajar pada Pendidikan Agama Islam
|
o Memahami
evolusi praktek dan teori untuk menciptakan
o Memahami
pembuatan media: tingkat kecanggihan
o Memahami masalah
di tingkat kreatif: kualitas teknis dan pesan prinsip desain
o Memahami masalah
di tingkat desain: ISD model dan pendekatan alternatif
o Memahami
lingkungan belajar
o Memahami tren dan isu terkait menciptakan
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
III
|
6
|
Mahasiswa
memahami penggunaan (Using) proses dan sumber belajar pada Pendidikan
Agama Islam
|
Menggunakan/Memanfaatkan (Using) proses dan sumber belajar pada
Pendidikan Agama Islam
|
o
Memahami evaluasi dan seleksi material
o
Memahami kegunaan
o
Memahami evolusi penelitian dan teori di media
gunakan
o
Memahami dasar teoritis untuk penggunaan media
dalam pengajaran
o Memahami
pemanfaatan untuk integrasi, implementasi, dan adopsi
o Memahami
realisasi penggunaan media dan teknologi
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
IV
|
7
|
Mahasiswa
memahami pengelolaan (managing)proses
dan sumber belajar pada Pendidikan Agama Islam
|
Pengelolaan (managing) proses dan sumber belajar pada
Pendidikan Agama Islam
|
o Memahami paradigma
mengelola audiovisual
o Memahami kontemporer
manajemen, kepemimpinan, dan perubahan
o Memahami manajemen
teknologi pendidikan
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
V
|
8
|
Ujian
Tengah Semester
|
Ujian
Tulisan
|
100
Menit
|
Dosen
|
||
9
|
Mahasiswa
memahami proses (Processes) belajar pada PAI
|
Proses
(Processes) belajar pada Pendidikan Agama Islam
|
o Memahami ketentuan
Mendefinisikan teknologi, proses, asumsi
o Memahami kerangka
konseptual, teoritis dan praktis
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
VI
|
10
|
Mahasiswa
memahami Sumber (Resources) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada
Pendidikan Agama Islam
|
Sumber
(Resources) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan
Agama Islam
|
o Memahami Sumber
Daya Teknologi
o Memahami Sumber
yang tepat
o Memahami Sumber
yang dirancang Versus Sumber yang siap dimanfaatkan
o Memahami Sumber
teknologi dan Identitas Awal Formasi
o Memahami Sumber
Alat, bahan, dan Perangkat
o Memahami Pengaturan
Sumber
o Memahami Orang
sebagai Sumber Daya
o Memahami Etika
Penggunaan Sumber Daya
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Praktikum
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
VII
|
11
|
Mahasiswa
memahami Nilai-nilai (Values) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya
pada Pendidikan Agama Islam
|
Nilai-nilai
(Values) Teknologi Pendidikan dan Penerapannya pada Pendidikan Agama
Islam
|
o Memahami Nilai
Terkait "Study"
o Memahami Nilai
Terkait "Praktek Etis"
o Memahami Nilai
Terkait "Memfasilitasi Belajar"
o Memahami Nilai
Terkait "Meningkatkan Kinerja"
o Memahami Nilai
Terkait "Menciptakan, Menggunakan, dan Managing"
o Memahami Nilai
Terkait "tepat"
o Memahami Nilai
Terkait "Teknologi"
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Apresiasi dosen
|
100 Menit
|
Kelompok
VIII
|
12
|
Mahasiswa
memahami produksi media pembelajaran berbasis microsoft PowerPoint pada PAI
|
Produksi
media pembelajaran berbasis microsoft PowerPoint pada PAI
|
o Menjelaskan
pengertian PowerPoint dan perkembangannya
o Menjelaskan
dan memahami fungsi elemen-elemen dalam mendesain PowerPoint
o Membuat PowerPoint
o Menggunakan
PowerPoint melalui aplikasi komputer dalam pembelajaran
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Praktikum
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
IX
|
13
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis microsoft PowerPoint
pada PAI
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri produksi pembelajaran berbasis microsoft PowerPoint pada Pendidikan Agama Islam
|
Dapat
menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis PowerPoint
pada Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
|
Praktikum
|
100
Menit
|
Dosen
|
14
|
Mahasiswa
memahami produksi pembelajaran media berbasis blogger pada Pendidikan Agama
Islam dan pemanfaatannya
|
Produksi
media pembelajaran berbasis blogger pada PAI dan memanfaatkannya dalam
pembelajaran
|
o Memahami
pengertian, tujuan dan fungsi pembelajaran berbasis blogger pada Pendidikan
Agama Islam
o Memahami
langkah-langkah dalam membuat blogger sebagai media pembelajaran Pendidikan
Agama Islam
o Memahami
pemanfaatan pembelajaran berbasis blogger pada Pendidikan Agama Islam
|
o
Presentasi kelompok
o
Diskusi kelas
o
Praktikum
o
Apresiasi dosen
|
100
Menit
|
Kelompok
X
|
15
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis blogger pada
Pendidikan Agama Islam
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis blogger pada
Pendidikan Agama Islam
|
Dapat
menyelesaikan tugas mandiri produksi media pembelajaran berbasis blogger pada
Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
|
Praktikum
|
100
Menit
|
Dosen
|
C. Evaluasi
Perkuliahan
Nilai keberhasilan akan diukur melalui aktivitas proses dan kualitas hasil kerja yang ditampilkan, dengan
catatan:
1. Mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75% dari keseluruhan frekuensi perkuliahan tidak diperkenankan
mengikuti ujian akhir semester, dan dengan sendirinya dianggap gagal.
2. Penilaian proses diukur dengan:
a. Kualitas dan
intensitas pertanyaan (keaktivan) dan
jawaban/tanggapan/komentar/mengkritisi/memberikan sanggahan,
dan sebagainya.
b. Akurasi
penyelesaian tugas individu/kelompok dan presentase di kelas
(ketepatan waktu dan kualitas hasil
kerja).
3. Penilaian hasil diukur
sebagai berikut:
a. Kualitas
makalah yang disajikan di kelas
b. Kuliatas
tugas yang diproduksi
c. Kualitas hasil Ujian Tengah Semester
d. Kualiatas hasil Ujian Akhir Semester
4. Sportivitas, kejujuran, kesabaran/keuletan, serta kemampuan menuturkan
ide/gagasan/pertanyaan/jawaban (baik
lisan maupun tulisan) sesuai kaidah
berbahasa lndonesia yang baik dan benar menjadi salah satu bahan pertimbangan
dalam pengukuran kemajuan belajar mahasiswa.
Penilaian dalam mata kuliah ini dapat
dipresentasikan sebagai berikut:
1. Partisipasi : 20%
2. Presentasi
Diskusi : 20%
3. Tugas Mandiri : 20%
4. Ujian Tengah
Semester : 20%
5. Ujian Akhir
Semester : 20%
D. Referensi
1.
Molenda, M. & Januszewski A. 2008.Educational
Technology: A Definition with Commentary. Francis: Taylor & Francis
Group, LLC
2.
Seels, Berbara B., dan Richey, Rita C. 1994. Instructional Technology: The Defenition and Domain of the field. Diterjemahkan Dewi Salma Prawiradilaga,
Rapheal Raharjo dan Yusufhadi Miarso. Jakarta: UNJ
3.
Rahman Syed Mahbubur. 2008. Multimedia
Technologies: Concepts, Metodologies, Tools, and Applications. Amerika: IGI
Global
4. Mishra S.,
& Sharma RC. 2005. Interactive Multimedia in Education and Training.
Amerika: Idea Group Inc.
5.
Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih
Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
6.
Nasution, S. 2008. Teknologi Pendidikan.
Jakarta: PT Bumi Aksara
7.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Teknologi
Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
8.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran,
Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
9.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
10.
Asyhar, Rayandra. 2010. Kreatif Mengembangkan
Media Pembelajaran. Jakarta:
Gaung Persada Press
11.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat
Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press
12.
Dan sumber lain yang relevan
Disahkan Diperiksa Diketahui Bangko,
14 September 2015
An.
Ketua (Wakil Ketua I), Ketua
Jurusan Tarbiyah Dosen
Pengampu, Dosen
Asisten,
Dr. H.M. Joni, Lc., MA Masruri,
M.PdI Prof.
Dr. H. Mukhtar, M.Pd. Muhammad
Nuzli, S.Pd.I.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar