KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN NO 141/ PULAU BAYUR 1
Kelas / Semester : III/ 1
Nama Guru : RIKA JULIA
NIP / NIK :
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah :
SDN NO 141/VI PULAU BAYUR 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : III
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2015 / 2016
No
|
KompetensiDasar
|
Tema
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
||||
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||||||
1
|
1.3
Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar
3.1
Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.1 Melakukan
pengamatan
terhadap diri dan makhluk
ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi
iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta
|
Allah
maha esa
|
8 Jp
|
Agustus : 2 Minggu
|
MingguEfektif: 20 X 4 = 80
Jam
|
|||
2
|
3.1 Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
4.2 Membaca
Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya
|
Asma
Ul-hus
Na
|
16 Jp
|
Agustus : 2 Minggu
September:
2 minggu
|
|
|||
|
||||||||
3
|
3.3
.
Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan
tanggung jawab
4.3
Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai
implementasi hadits
|
Prilaku
Mandiri
Dan
Percaya
Diri
|
16 JP
|
September : 3 minggu
Oktober :1 minggu
|
|
|||
4
|
1.1 Menunaikan
shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 32.
2.5
Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna
ibadah shalat
3.2
Mengerti makna shalat sebagai
wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.1
Menunjukkan contoh makna
shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
4.4.2
Mempraktikkan tata cara
shalat yang baik dan benar
|
Shalat
|
16 jp
|
Oktober
: 3 Minggu
November : 1 minggu
|
|
|||
5
|
1.2 Terbiasa
berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S.
Al-Kautsar
3.3 Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat
4.5 Mempraktikkan tata cara zikir dan doa
setelah shalat secara benar
|
Dzikir
|
16 JP
|
November
: 3 Minggu
Desember : 1
minggu
|
|
|||
6
|
3.4 Mengetahui
hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di
rumah dan sekolah
4.6 Menceritakan
pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah
|
Hikma
hshalat
|
8 jam
|
Desember
: 2 Minggu
|
|
|||
JUMLAH
|
80
JAM
|
|||||||
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( HASBIAH )
NIP196209121983102001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( RIKA JULIA )
NIP
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN NO 141/VI PULAU BAYUR 1
Kelas / Semester : III/2
Nama Guru : LIKMAN HAKIM
NIP / NIK :
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN NO 141/VI PULAU
BAYUR 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : III
Semester : 2
Tahun Pelajaran : 2015 / 2016
No
|
KompetensiDasar
|
Tema
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
||||
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||||||
1
|
3.7
Mengetahui kalimat-kalimat
dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar
4.7.1
Membaca kalimat-kalimat dalam
Al-Quran dengan benar
4.7.2
Menulis huruf hijaiyyah dalam
Al-Quran dengan benar
4.7.3
Menunjukkan hafalan Q.S.
An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar
|
Belajar
Al quran
|
16 jp
|
Januari :
4 Minggu
|
Minggu Efektif: 18X 4 =
72Jam
|
|||
2
|
2.6
Memiliki perilaku tawadlu,
Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah
qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.8
Memiliki sikap kerja keras
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132
3.8
Mengetahui perilaku tawaduk,
ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah
Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
4.8
Mencontohkan perilaku
tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman
sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
|
Sifat wajib
allah
|
8 jp
|
Februari
: 2 Minggu
|
|
|||
3
|
2.4 Memiliki perilaku peduli terhadap sesama
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar
3.9
Memahami sikap peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
4.9
Mencontohkan perilaku peduli
terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.
|
Perilaku
peduli
|
8 jp
|
Februari :
2 Minggu
|
|
|||
4
|
2.4
Memiliki sikap bersyukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
3.10
Memahami sikap bersyukur
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
4.10 Mencontohkan
sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
|
Perilaku bersyukur
|
8 jp
|
Maret :
2 Minggu
|
|
|||
5
|
3.11
Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Yusuf a.s
4.11
Menceritakan kisah
keteladanan Nabi Yusuf a.s.
|
Kisah nabii yusuf A.S
|
8 jp
|
Maret: 2 Minggu
|
|
|||
6
|
3.12
Mengetahui kisah keteladanan
Nabi Syu‘aib a.s.
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.
|
Kisah nabi
syu’aib A.S
|
8 jp
|
Maret :
1 Minggu
April : 1 minggu
|
||||
7
|
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.
dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan
patuh kepada orangtua)
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
|
Kisah nabi
Ibrahim dan ismail A.S
|
8 jp
|
April : 2 minggu
|
||||
8
|
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
3.14 Mengetahui sikap percaya diri dan
kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Kisah nabi muhammad SAW
|
8 jp
|
April: 1 minggu
Mei : 1 minggu
|
||||
JUMLAH
|
|
72
JAM
|
|
|
||||
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Guru mata pelajara
( RIDWAN )
LUKMAN HAKIM
NIP196508151989011001
|
|
|
|
|
|
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : II (Dua) / 1
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : II (Dua)
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
3.16 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
4 jam
|
Juli : 1 Minggu
|
Minggu
Efektif: 18 X 4 = 72 Jam
|
2
|
2.1 Memiliki
sikap jujur sebagai implementasi daripemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
4.16 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
4 jam
|
Agustus :
4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 Jam
|
3
|
2.6 Memiliki
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. An-Nas
4.6.1 Melafalkan
Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benardan jelas implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
|
4 jam
|
September : 5
Minggu
|
Uji Kompetensi X
4 : 16 Jam
|
4
|
2.6 Memiliki
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. An-Nas
4.6.2 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
|
4 jam
|
Oktober :
3 Minggu
|
Jumlah : 72 Jam
|
5
|
2.6 Memiliki
sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. An-Nas
3.6 Mengenal
makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr
|
4 Jam
|
November :
4 Minggu
|
|
6
|
3.1 Mengetahui
huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf
4.1 Melafalkan
huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf
|
4 Jam
|
Desember
: 1 Minggu
|
|
7
|
1.4
Meyakini adanya Allah Swt. Yang
Maha Mencipta segala yang ada di alam
3.2
Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang
Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan mahkluk ciptaan-Nyayang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
|
4 Jam
|
Jumlah :
18 Minggu
|
|
8
|
1.4
Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam
4.2 Melakukan pengamatan terhadap diri dan
makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai
implementasi iman kepada Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
danMaha Suci
|
4 jam
|
|
|
9
|
1.4
Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam
3.3 Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
4.3 Melafalkan
Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya
|
4 jam
|
||
10
|
2.4 Memiliki
sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Maidah ayat 2
3.11 Memahami
sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
ayat 2
4.11 Mencontohkan
sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
ayat 2
|
4 jam
|
||
11
|
2.4
Memiliki sikap kerja sama dan
tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
3.11
Memahami sikap kerja sama dan saling
tolong menolong sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.11
Mencontohkan sikap kerja sama dan
saling tolong menolong sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
4 jam
|
||
12
|
2.8
Memiliki perilaku hidup sehat dan
peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
3.5
Mengenal hadits yang terkait
dengan perilaku hidup bersih dan sehat
4.5
Menunjukkan perilaku hidup bersih
dan sehat sebagai implementasi
dari pemahaman makna haditstentang kebersihan dan kesehatan
|
4 jam
|
||
13
|
1.3
Terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah makan
3.9
Mengenal makna doa sebelum dan
sesudah makan
4.9 Mempraktikkan
doa sebelum dan sesudah makan
|
4 jam
|
||
14
|
1.1
Terbiasa berwudhu sebelum shalat
3.7
Mengenal doa sebelum dan sesudah
wudhu
4.7
Mempraktikkan wudhu dan doanya
dengan tertib danbenar
|
4 jam
|
||
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : II (Dua) / 2
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : II (Dua)
Semester : 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Shaleh a.s.
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
|
4 jam
|
Januari :
4 Minggu
|
MINGGU EFEKTIF: 19 x 4 = 76 JAM
|
2
|
2.5
Memiliki sikap berani bertanya
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
3.4
Mengenal hadits yang terkait
dengan anjuran menuntut ilmu
4.4 Menunjukkan
perilaku rajin menuntut ilmu
|
4 jam
|
Februari
: 4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 JAM
|
3
|
2.7 Memiliki
perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-'Ashr
4.6.1
Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr
dengan benardan jelas
4.6.2
Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan
Al ‘Ashr dengan benar dan jelasdari pemahaman Q.S. Al-'Ahshr
3.6
Mengenal makna Q.S. An-Nas dan
Q.S. Al-‘Ashr
|
4 jam
|
Maret :
3 Minggu
|
Uji Kompetensi x 5 : 20 JAM
|
4
|
3.13
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Luth a.s.
4.13 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
|
4 jam
|
April
: 5 Minggu
|
JUMLAH : 76 JAM
|
5
|
3.2
Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang
Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan mahkluk ciptaan-Nyayang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.2
Melakukan
pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar
rumah dansekolah sebagai implementasi iman kepadaAllah Swt. Yang Maha
Pengasih, Maha Penyayang danMaha Suci
|
4 jam
|
Mei : 2 Minggu
|
|
6
|
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna:
Al-Quddus, As-SalamAl-Khaliq
4.3
Melafalkan Asmaul Husna:
Al-Quddus, As-Salam,Al-Khaliq dan maknanya
|
4 jam
|
Juni : 1 Minggu
|
|
7
|
3.15
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Ya‘qub a.s.
4.15 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
|
4 jam
|
Jumlah : 19 Minggu
|
|
8
|
2.3
Memiliki perilaku kasih sayang
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
3.10
Memahami perilaku kasih sayang
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.10
Mencontohkan perilaku kasih sayang
kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
|
8 jam
|
|
|
9
|
1.2 Menunaikan
salat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
3.8 Mengenal
tata cara salat dan bacaannya
|
8 jam
|
||
10
|
1.2 Menunaikan
salat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
4.8 Mempraktikkan
salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
|
4 jam
|
||
11
|
3.14
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Ishaq a.s.
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
|
4 jam
|
||
12
|
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna:
Al-Quddus, As-Salam Al-Khaliq
4.3
Melafalkan Asmaul Husna:
Al-Quddus, As-Salam,Al-Khaliq dan maknanya
|
4 jam
|
||
|
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : IV (Empat)
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
3.6 Mengetahui
Surah Al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Juli : 1 Minggu
|
Minggu Efektif: 18 X 4 = 72 Jam
|
2
|
4.6.1 Membaca
surah al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan tartil
|
4 jam
|
Agustus :
4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 Jam
|
3
|
4.6.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan benar
|
4 jam
|
September
: 5 Minggu
|
Uji Kompetensi X 4 : 16 Jam
|
4
|
4.6.3 Menunjukkan
hafalan surah al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan lancar
|
4 jam
|
Oktober
: 3 Minggu
|
Jumlah : 72 Jam
|
5
|
3.1
Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan
terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
|
4 jam
|
November
: 4 Minggu
|
|
6
|
3.3 Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-'Azhim
4.1 Melakukan
pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai
upaya mengenal Allah itu ada
|
4 jam
|
Desember
: 1 Minggu
|
|
7
|
2.3
Memiliki sikap santun dan
menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar sebagai
implementasi dari pemahaman surah al-Hadid/57: 9
3.7
Memahami sikap santun dan
menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar
4.7 Mencontohkan
sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat
sekitar
|
4 jam
|
Jumlah :
18 Minggu
|
|
8
|
3.15
Mengetahui sikap santun dan
menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw.
4.15
Mencontohkan sikap santun dan
menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw.
|
4 jam
|
|
|
9
|
1.1
Menerapkan ketentuan syariat Islam
dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
3.4
Memahami tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas
|
4 jam
|
||
10
|
1.1
Menerapkan ketentuan syariat Islam
dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.4
Mempraktikkan tata cara bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar sesuai ketentuan syariat Islam
|
4 jam
|
||
11
|
1.6
Meyakini adanya Rasul-rasul Allah
Swt.
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Ayyub a.s.
4.10 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
|
4 jam
|
||
12
|
1.6
Meyakini adanya Rasul-rasul Allah
Swt.
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zulkifli
a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi
Zulkifli a.s.
|
4 jam
|
||
13
|
1.6
Meyakini adanya Rasul-rasul Allah
Swt.
3.12 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
|
4 jam
|
||
14
|
1.6 Meyakini
adanya Rasul-rasul Allah Swt.
3.13 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.13 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
|
4 jam
|
||
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : IV (Empat) / 2
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : IV (Empat)
Semester : 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
Minggu Efektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
3.6 Mengetahui
Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Januari :
4 Minggu
|
Minggu Efektif: 19 X 4 = 76 Jam
|
2
|
4.6.1 Membaca
surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan tartil
|
4 jam
|
Februari
: 4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 Jam
|
3
|
4.6.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan benar
|
4 jam
|
Maret :
3 Minggu
|
Uji Kompetensi X 5 : 20 Jam
|
4
|
4.6.3 Menunjukkan
hafalan surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan lancar
|
4 jam
|
April : 5 Minggu
|
Jumlah : 76 Jam
|
5
|
1.5 Meyakini
keberadaan Malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4 Memiliki
sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang
tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari
3.2 Mengerti
makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar
|
4 jam
|
Mei : 2 Minggu
|
|
6
|
1.5 Meyakini
keberadaan Malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4 Memiliki
sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang
tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari
4.2 Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada
malaikat-malaikat Allah
|
4 jam
|
Juni : 1 Minggu
|
|
7
|
2.8
Memiliki sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
3.8 Memahami
sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
|
4 jam
|
Jumlah : 19 Minggu
|
|
8
|
2.8
Memiliki sikap rendah hati sebagai
implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
4.8
Mencontohkan sikap rendah hati
sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
|
4 jam
|
|
|
9
|
2.9
Memiliki perilaku hemat sebagai
implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
3.9
Memahami perilaku hemat sebagai
implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
|
4 jam
|
||
10
|
2.9
Memiliki perilaku hemat sebagai
implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
4.9
Mencontohkan perilaku hemat
sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
|
4 jam
|
||
11
|
1.2
Menunaikan salat secara tertib
sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah Swt.
1.4 Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
3.5
Memahami makna bacaan salat
|
4 jam
|
||
12
|
1.2
Menunaikan salat secara tertib
sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah Swt.
1.4 Menghindari
perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
4.5.2 Menceritakan
pengalaman melaksanakan salat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar
|
4 jam
|
||
13
|
3.14
Mengetahui kisah keteladanan Wali
Songo
|
4 jam
|
||
14
|
4.14 Menceritakan
kisah keteladanan Wali Songo
|
4 jam
|
||
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : V (Lima)
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
1.1
Terbiasa membaca Al-Quran dengan
tartil
4.1
Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S.
At-Tin dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Juli : 1 Minggu
|
Minggu Efektif: 18 X 4 =
72 Jam
|
2
|
4.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Agustus :
4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 Jam
|
3
|
4.3
Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un
dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
|
4 jam
|
September
: 5 Minggu
|
Uji Kompetensi X 4 : 16 Jam
|
4
|
3.3
Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan
Q.S. At-Tindengan benar
|
4 jam
|
Oktober
: 3 Minggu
|
Jumlah : 72 Jam
|
5
|
4.4
Mencontohkan perilaku saling
mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Tin
|
4 jam
|
November
: 4 Minggu
|
|
6
|
3.4 Mengerti
makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
|
4 jam
|
Desember
: 1 Minggu
|
|
7
|
1.2
Menyakini Al-Quran sebagai kitab
suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
3.2
Memahami makna diturunkannya
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
|
4 jam
|
Jumlah :
18 Minggu
|
|
8
|
2.5
Memiliki sikap menghargai pendapat
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4.6
Mencontohkan sikap menghargai
pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
|
4 jam
|
|
|
9
|
1.3
Menunaikan kewajiban puasa
Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
2.6
Memiliki sikap sabar dan
pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
3.5
Mengetahui hikmah puasa Ramadhan
yang dapat membentuk akhlak mulia
|
4 jam
|
||
10
|
3.6
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Dawud a.s.
4.10 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
|
4 jam
|
||
11
|
3.7 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.11 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
4 jam
|
||
12
|
3.8
Mengetahui kisah keteladanan Nabi
Ilyas a.s.
4.12 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
|
4 jam
|
||
13
|
3.9 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.13 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
|
4 jam
|
||
14
|
2.9 Memiliki
sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
4.9 Mencontohkan sikap tabligh sebagai
implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
|
4 jam
|
||
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
KURIKULUM 2013
Perangkat
Pembelajaran
PROGRAM
TAHUNAN
|
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM &
BUDI PEKERTI
Nama Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester : V (Lima) / 2
Nama Guru : HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK : 196902082007012005
|
PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas : V (Lima)
Semester : 2
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
No
|
KompetensiDasar
|
AlokasiWaktu
|
Uraian
|
|
MingguEfektif
|
JamEfektif
|
|||
1
|
1.1 Terbiasa
membaca Al-Quran dengan tartil
2.3 Memiliki
sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.1
Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S.
At-Tin dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Januari :
4 Minggu
|
Minggu Efektif: 19 X 4 =
76 Jam
|
2
|
2.3 Memiliki
sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Februari
: 4 Minggu
|
Kompetensi Dasar : 56 Jam
|
3
|
2.3 Memiliki
sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.2 Menulis
kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S.At-Tin
dengan baik dan benar
|
4 jam
|
Maret :
3 Minggu
|
Uji Kompetensi X 5 : 20 Jam
|
4
|
2.3 Memiliki
sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
3.3 Mengetahui
makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar
4.5 Mencontohkan
perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
|
4 jam
|
April : 5 Minggu
|
Jumlah : 76 Jam
|
5
|
3.1 Mengenal
nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
|
12 jam
|
Mei : 2 Minggu
|
|
6
|
2.7 Memiliki
sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.7 Mencontohkan
sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
|
8 jam
|
Juni : 1 Minggu
|
|
7
|
2.8
Memiliki sikap ikhlas sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.8
Mencontohkan sikap ikhlas sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
|
8 jam
|
Jumlah
: 19 Minggu
|
|
8
|
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Luqman
sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
8 jam
|
|
|
9
|
4.14
Menceritakan kisah keteladanan
Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
4 jam
|
||
10
|
JUMLAH
|
56 JAM
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ISMAIL )
NIP196508151989011001
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar