Komponen : MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan : Tarbiyah
Semester : Ganjil (V/Lima)
Bobot : 2 SKS
Dosen Pengampu : Dr. Maisah, M.PdI
Dosen Asisten : Muhammad Nuzli, S.Pd.I.
A. Standar
Kompetensi
Standar kompetensi mata kuliah
ini adalah mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang perencanaan dan desain
pembelajaran sehingga mampu dan terampil dalam merencanakan dan mendesain
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
B. Kegiatan
Pembelajaran
No
|
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Indikator Pencapaian
|
Alokasi Waktu (Menit)
|
Keterangan
|
1
|
Mahasiswa
memahami dan menganalisis sistem kontrak dan materi mata kuliah
|
Orientasi
Kontrak Mata Kuliah
|
Ø Memahami materi
pokok dan sistem kontrak mata kuliah
Ø Mengklasifikasi
materi dan tugas-tugas dalam mata kuliah
|
100
|
Dosen dan Mahasiswa
|
2
|
Mahasiswa
memahami Konsep Dasar Perencanaan dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam
|
Konsep
Dasar Perencanaan dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Ø Mendefinisikan
pengertian perencanaan dan desain pembelajaran
Ø Menjelaskantujuan,
fungsi, dan ruang lingkup perencanaan dan desain pembelajaranPendidikan Agama
Islam
Ø Menjelaskan
landasan hukum dalam perencanaan dan desain pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Kurikulum 2013
|
100
|
Dosen
|
3
|
Mahasiswa
memahami analisis Minggu efektif belajar, program tahunan dan program
semester dalam perencanaan dan desain pembelajaran PAI
|
Analisis
Minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester dalam
perencanaan dan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Ø Menganalisis
dan menetapkan Minggu efektif belajar
Ø Menyusun
Program Tahunan (Prota)
Ø Menyusun
Program Semester (Promes)
|
100
|
Kelompok 1
|
4
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri Analisis minggu efektif belajar, program tahunan
dan program semester dalam perencanaan dan desain pembelajaran PAI
|
Bimbingan
bersama analisis minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester
pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Menyelesaikan
tugas mandiri Analisis minggu efektif belajar, program tahunan dan program
semester pembelajaran Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
5
|
Mahasiswa
memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam serta
menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal
|
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam serta menentukan Kriteria
Ketuntasan Minimal
|
Ø Mengidentifikasi
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam
Ø Menentukan
Kriteria Ketuntasan Minimal Pendidikan Agama Islam
|
100
|
Kelompok 2
|
6
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri kriteria ketuntasan minimal
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri menyusun menetapkan kriteria ketuntasan minimal
Pendidikan Agama Islam
|
Menyelesaikan tugas mandiri
kriteria ketuntasan minimal PAI Tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
7
|
Mahasiswa
memahami pengembangan silabus Pendidikan Agama Islam
|
Pengambangan
Silabus Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013
|
Ø Menganalisis
kompetensi inti dan kompetensi dasar PAI dalam penyusun silabus
Ø Menentukan
Tema (khususSD/MI/SDLB/Paket A) PAI
Ø Menentukan
Pokok Pembahasan
Ø Menentukan
kegiatan pembelajaran
Ø Menentukan
penilaian
Ø Menentukan
sumber belajar
|
100
|
Kelompok 3
|
8
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri Silabus Pendidikan Agama Islam
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam
|
Menyelesaikan tugas mandiri
pengembangan Silabus PAI tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
9
|
Mahasiswa
memahami rumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi
dan materi pembelajaran PAI
|
Tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi
dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Ø Merumuskan
tujuan pembelajaran PAI
Ø Mengembangkan
indikator pencapaian kompetensi PAI
Ø Mengembangkan
materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
100
|
Kelompok 4
|
10
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan
indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam
|
Bimbingan bersama tugas mandiri perumusan tujuan
pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Menyelesaikan tugas mandiri
perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi
dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
11
|
Mahasiswa
memahami metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar PAI
|
Metode
pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar Pendidikan Agama Islam
|
Ø Menentukan
metode pembelajaran PAI
Ø Menentukan
media pembelajaran PAI
Ø Menentukan
sumber belajar Pendidikan Agama Islam
|
100
|
Kelompok 5
|
12
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri metode pembelajaran, media pembelajaran dan
sumber belajar PAI
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran dan
sumber belajar Pendidikan Agama Islam
|
Menyelesaikan tugas mandiri
menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar PAI
tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
13
|
Mahasiswa
memahami langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
|
Langkah-langkah
pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013
|
Ø Mengembangkan
kegiatan pendahuluan,
Ø Mengembangkan
kegiatan inti dengan berbagai pendekatan dan atau model pembelajaran
Ø Mengembangkan
kegiatan penutup
|
100
|
Kelompok 6
|
14
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri pengembangan langkah-langkah pembelajaran
Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kurikulum 2013
|
Bimbingan bersama tugas mandiri pengembangan
langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kurikulum
2013
|
Menyelesaikan tugas mandiri
pengembangan langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai
dengan kurikulum 2013 tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
15
|
Mahasiswa
mampu menilai hasil dan proses pembelajaran PAI
|
Menilai
hasil dan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
|
Ø Mampu
menyusun instrumen penilaian sikap
Ø Mampu
menyusun instrumen penilaian pengetahuan
Ø Mampu
menyusun instrumen penilaian keterampilan
|
100
|
Kelompok 7
|
16
|
Mahasiswa
menyelesaikan tugas mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil
dan proses pembelajaran PAI
|
Bimbingan
bersama tugas mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil dan
proses pembelajaran PAI
|
Mampu menyelesaikan tugas
mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil dan proses
pembelajaran PAI tepat pada waktunya
|
100
|
Dosen
|
C. Evaluasi
Perkuliahan
Nilai keberhasilanakan diukur
melalui aktivitasproses dan kualitashasil kerja yang ditampilkan,dengancatatan:
1. Mahasiswayang
kehadirannyakurang dari 75% dari keseluruhanfrekuensi perkuliahan tidak
diperkenankan mengikuti ujian akhir semester, dan dengan sendirinya dianggap
gagal.
2. Penilaianproses
diukur dengan:
a. Kualitas,
intensitas pertanyaan (keaktivan) dan jawaban/komentar/ mengkritisi/memberikan
sanggahan, dan sebagainya.
b. Akurasi
penyelesaiantugasindividu/kelompok dan presentase di kelas (ketepatan waktu dan
kualitashasil kerja).
3. Penilaianhasil
diukursebagaiberikut:
a. Kualitas
makalahyang disajikandi kelas
b. Kualitashasil
Ujian TengahSemester
c. Kualiatashasil
Ujian Akhir Semester
4. Sportivitas,kejujuran,
kesabaran/keuletan,serta kemampuanmenuturkan
ide/gagasan/pertanyaan/jawaban(baik lisan maupuntulisan) sesuai kaidah
berbahasalndonesia yang baik dan benar menjadi salah satu bahan pertimbangan
dalampengukuran kemajuanbelajar mahasiswa.
Penilaian dalam mata kuliah ini
dapat dipersentasikan sebagai berikut:
1. Partisipasi
(Kehadiran, Aktivitas, Kuis, Resume,
Penilaian Diri) : 20%
Penilaian Diri) : 20%
2. Makalah, Presentasi
Diskusi dan Penilaian Teman Sejawat : 20%
3. TugasMandiri (AME,
Prota, Promes, KKM, Silabus, RPP : 30%
4. Ujian Tengah
Semester : 15%
5. Ujian Akhir
Semester : 15%
D. Buku
Rujukan dan Bacaan
1.
Ramayulis, 2013, ProfesidanEtikaKeguruan.
Jakarta: KalamMulia
2.
Kusaeri, 2014, AcuandanTeknikPenilaian Proses
danHasilBelajardalamKurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
4.
PermendikbudNomor 54 Tahun 2013
tentangStandarKompetensiLulusan,
5.
PermendikbudNomor 64 Tahun 2013
tentangStandar Isi
6.
PermendikbudNomor 65 Tahun 2013
tentangStandar Proses
7.
PermendikbudNomor 66 Tahun 2013
tentangStandarPenilaian
8.
PermendikbudNomor 67 Tahun 2013
tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SD-MI
9.
PermendikbudNomor 68 Tahun 2013
tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SMP-MTs
10.
PermendikbudNomor 69 Tahun 2013
tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SMA-MA
11.
Prawiradilaga, Dewi Salma, 2008. PrinsipDisainPembelajaran. Jakarta: Kencana.
12.
Sanjaya Wina, 2010, Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
13.
Uno hamzah B. 2010, Desain Pembelajaran.
Bandung: MQS Publishing
14.
Trianto, 2009, Mendesain Model
PembelajaranInovatifdanProgresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
15.
MuslichMasnur, 2009, KTSP
DasarPemahamandanPengembangan
16.
HamalikOemar, 2008, KurikulumdanPembelajaran, Jakarta: PT BumiAksara
17.
Majid Abdul, 2008, PerencanaanPembelajaran,
Bandung: PT. RemajaRosdakarya
18.
Suparlan, dkk, 2008, Pakem:
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT
Genesindo
19.
Susanto, 2008, PenyusunanSilabusdan
RPP, Surabaya: Matapena
20.
Yamin, Martinis. 2007. DesainPembelajaranBerbasis
Tingkat SatuanPendidikan. Jakarta: GaungPersada Press
21.
WinataputraUdin S. 2001, Model-Model
PembelajaranInovatif
Disahkan Diperiksa Diketahui Bangko,
14 September 2015
An.
Ketua (Pembantu Ketua I), Ketua
Jurusan Tarbiyah, Dosen
Pengampu, Dosen
Asisten,
Dr. H.M. Joni, Lc., MA Masruri,
M.PdI Dr.
Maisah, M.PdI Muhammad
Nuzli, S.PdI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar