L A P O R A N
PRAKTEK
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PROGRAM STRATA
SATU (S.1)
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
DI MADRASAH
TSANAWIYAH
PONDOK
PESANTREN DEPATI AGUNG
PULAU RAMAN
KABUPATEN
MERANGIN
DISUSUN OLEH
NAMA : HARDI
NIM : T.PAI.I.2008.0009
JURUSAN :
TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
SYEKH MAULANA QORI BANGKO
TAHUN AKADEMIK 2010-2011
SEKOLAH TINGGI AGAMA
ISLAM
SYEKH MAULANA QORI
BANGKO
PENGESAHAN
Laporan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini, telah di sah dan
setujui. Untuk dapat diajukan sebagai laporan akhir kegiatan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Maulana Qori Bangko
tahun akademik 2010-2011
Laporan ini
sebagai salah satu bukti bahwa a.n HARDI.
Nim:T.PAI.I.2008.0009 telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DEPATI AGUNG
terhitung
tanggal Oktober s/d 14 Desember 2010.
Guru
Pamong Dosen Pembimbing Lapangan
Bidang Studi IPS Ekonomi
ADI SAPUTRA S.pd. HUSNI
MUBAROK S.pd.I
NIP.
Diketahui oleh:
KEPALA
MTs. DEPATI AGUNG
SOLIHIN S.pd.I
NIP.
KATA
PENGANTAR
Dengan segala puji dan syukur penulis panjatkan
atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan pekerjaan yang merupakan proses pembelajaran yang
paling berharga bagi penulis dalam mengaplikasikan teori mengajar yang selama
ini penulis dapatkan dibangku perkuliahan yakni Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL) dan sebagai bukti tersebut penulis susun dalam sebuah bentuk laporan PPL
dan sebagai persyaratan untuk meraih perdikat pendidikan Strata Satu (S.1) di
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Maulana Qori Bangko. Shalawat dan salam
dikirimkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membimbing umatnya kejalan
islam dan ilmu pengetahuan.
Dalam melaksanakan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) di MTs.S Pondok
Pesantren DEPATI AGUNG yang berlansung dari tanggal 27 SEPTEMBER s/d tanggal 12 DESEMBER tentunya penulis banyak
memperoleh hasil yang maksimal berkat motivasi dan arahan dari semua pihak yang bersangkutan, maka dari itu
penulis sangat mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Husni mubarok S.Pd.I
Selaku Dosen Pembimbing Lapangan
2.
Bapak Solihin S.pd.I
Selaku Kepala Sekolah MTs.S. DEPATI AGUNG
3.
Adi saptra,S.pd. selaku
Guru Pamong bidang studi Akidah Akhlak
4.
Bapak/Ibu guru berserta
staf MTs.S DEPATI AGUNG
5.
Sahabat-sahabati
Mahasiswa anggota PPL di MTs.S DEPATI AGUNG yang telah memberi bantuan dan
dukungan kepada penulis
Semoga apa-apa yang telah mereka berikan kepada
penulis selama Praktek Mengajar di MTs.S DEPATI AGUNG agar mendapat imbalan
yang setimpal disisi Allah SWT. Amin Ya Robbal ’Alamin
Penulis menyadari bahwa selama dalam melaksanakan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) masih banyak kekurangan, terutama pengetahuan, sikap layaknya seorang tenaga
pendidik, akan tetapi hal itu merupakan pengalaman dan pemicu penulis untuk
memperbaiki kesalahan untuk menjadi yang
lebih baik lagi, maka dari itu penulis sangat mengharapakan tegur safa, kritik dan
saran yang konstruktif/membangun dari pembaca demi kesempurnaan dan kelengkapan
laporan ini.
Bangko, Desember 2011
Penulis,
HARDI
NIM. T.PAI.I.2008.0009
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
- Latar
Belakang
- Tujuan
- Ruang
Lingkup
BAB II GAMBARAN UMUM SEKOLAH
- Historis dan
Letak Geografis
- Keadaan Guru
dan Siswa
- Keadaan
Sarana dan Prasarana Sekolah
- Struktur
Organisasi Sekolah
- Visi dan
Misi Sekolah
- Motto
Sekolah
BAB III KEGIATAN PRAKTEK
- Mengajar/Kurikuler
- Non
Mengajar/Ekstrakurikuler
BAB IV PENUTUP
- Kesimpulan
- Saran-saran
- Kata
Penutup
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah
merupakan ajang latihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan mengenai keilmuan
yang dikosentrasikan pada bidang masing-masing serta sikap dan keterampilan
dalam melaksanakan pendidikan pra jabatan keguruan dan penelitian. Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) ini melatih
tenaga pendidik mengusai kemampuan keguruan yang utuh terintegrasi, sehingga
setelah menyelesaikan pendidikannya mereka siap menjadi calon guru yang
profesional.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah pratikum lapangan yang diprogramkan dan
dilaksanakan oleh jurusan/berkaitan dengan sepekulasi jurusan dan program
sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.
Sebagai seseorang yang mengemban tugas secara
profesional, maka dituntut untuk bekerja secara profesional pula sesuai dengan
profesinya masing-masing bahakan seseorang tidak hanya tahu dan memahami
tugasnya mengajar saja, tetapi harus lebih tahu dan melaksanakan tugasnya
dengan baik.
Keutuhan untuk berintegrasi secara utuh itulah
yang dibentuk melalui Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini. Dalam kegiatan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) inilah mahasiswa program Strata Satu (S.1)
STAI SMQ Bangko belajar lebih banyak dengan hal-hal yang menyatakan tentang
seluk beluk pengajaran yang sesungguhnya maupun adminstrasi sekolah.
Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini
merupakan salah satu bukti nyata atas profesional seseorang dalam melakukan tugas
atau kegiatan yang berkaitan dengan keahliannya masing-masing, dalam menyusun
laporan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang mengenai permasalah dalam
proses Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) baik dalam menyusun administrasi,
mengajar maupun non mengajar, sehingga mudah untuk pahami.
B. Tujuan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk
melatih mahasiswa (calon tenaga pendidik) agar memiliki kemampuan menggunakan
kinerja dengan situasi nyata baik kegitan mengajat maupun tugas-tugas non
mengajar dan memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar mampu
melaksanakan tugas sebagai seorang guru yang selayaknya disekolah-sekolah
tempat mereka mengadakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Dengan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiwa dapat:
- Mengenal lebih
dekat tentang lingkungan fisik, administrasi sekolah dan menjadi referensi
atas kerjanya kelak apabila telah mengabdikan dirinya disebuah lembaga
pendidikan
- Proses pembelajaran
menjadi seorang tenaga pendidik yang bijaksana dan profesional
- Menarik pelajaran,
penghayatan dan pengalaman selaman melakukan Praktek Pengalaman Lapangan
(PPL) melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri pentingya pekerjaan
profesional
- Melatih
mengendalikan sikap, emosi dan perasaan sebagaimana layaknya seorang guru
sehingga menjadi motivator bagi siswa dan membantu mahasiswa dalam menemukan
metode belajar yang efektif dan efesien
- Sebagai salah satu
syarat untuk memenuhi laporan kegiatan di STAI SMQ Bangko untuk meraih
gelar atau predikat pendidikan Strata Satu (S.1)
C. Ruang Lingkup
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mencakup
kegiatan mengajar dan non mengajar dan meneliti kegiatan pendidikan mengajar
yang meliputi merencanakan dan melaksanakan pengajaran dan pelatihan, kegiatan
non mengajar dan meneliti yang dilaksanakan di sekolah.
BAB II
GAMBARAN UMUM
SEKOLAH
A. Historis dan Letak
Geografis
Pendirian pondok pesantren (ponpes) ini diawali
dari keinginan mengembangkan/ meningkatkan pendidikan islam diwilayah kabupaten
Sarolangn Bangko ( Sekarang Kabupaten Merangin) oleh seorang ulama muda yuag
baru kembali dari bertahun-tahun menimba/menuntut ilmu agama di Makkah
Al-mukarramah yaitu K. H. Abd Satar Saleh dengan hasil musyawarah dan petunjuk
Allah SWT akhirnya ditempatkan di Desa Titian Teras ( - 5 km. dari Kota
Bangko). Pondok
tersebut didirikan diatas tanah wakaf – 51 Ha (sertifikat), pemberian
masyarakat Desa Titian Teras untuk kepentingan agama islam.
Kemudian MTs.S PPSMQ sebuah
nama sebuah sekolah swasta yang bercirikan agama islam yang ada didesa titian
teras. Penyelenggaraan dari sekolah ini adalah Yayasan Pendidikan Islam Syekh
maulana Qori. Sekolah ini terletak dijalan Syekh Maulana Qori,Kecamatan batang
Masumai Kabupaten Merangin.
MTs.S PPSMQ didirikan pada tahun 1985. Waktu belajar
disekolah adalah pada waktu pagi hari dari jam 07.30 s/d 13.20 Wib. Jarak
sekolah dengan rumah penduduk – 1 Km. keliling tanahnya adalah 576.260. M, luas
tanahnya = 576260 M2.
B. KEADAAN GURU DAN SISWA.
a.
Data
kepengurusan pondok.
NO
|
UNSUR PONDOK
|
JUMLAH
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Pimpinan pondok
Sekretaris pondok
Kepala bagian
Guru tetap
Guru tidak tetap
Tata usaha dan staf
Penjaga pondok
|
1 orang
1 orang
2 orang
10
orang
3 orang
2orang
1orang
|
b.
Data
siswa tahun 2011
NO
|
KELAS
|
L
|
P
|
JUMLAH
|
1
2
3
4
5
6
|
I
II
III
IV
V
VI
|
24
20
17
8
8
8
|
18
11
13
10
8
9
|
42 orang
31 orang
30 0rang
18 orang
16 orang
17 orang
|
|
JUMLAH
|
85
|
69
|
154 orang
|
C. KEADAAN SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH.
a.
Data
infentaris pondok.
NO
|
KELAS
|
JUMLAH
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Ruang kelas
Kantor
Computer
Asrama putrid
Asrama putra
Mushola
Pondok tradisional
Perumahan guru
Toilet tradisional
KWH pln
|
4 lokal
1 lokal
1 unit
9 pintu
8 pintu
1 buah
20 buah
2 pintu
2 tempat
2 unit
|
BAB II
GAMBARAN UMUM
SEKOLAH
D. Historis dan Letak
Geografis
Pendirian pondok pesantren (ponpes) ini diawali
dari keinginan mengembangkan/ meningkatkan pendidikan islam diwilayah kabupaten
Sarolangn Bangko ( Sekarang Kabupaten Merangin) oleh seorang ulama muda yuag
baru kembali dari bertahun-tahun menimba/menuntut ilmu agama di Makkah
Al-mukarramah yaitu K. H. Abd Satar Saleh dengan hasil musyawarah dan petunjuk
Allah SWT akhirnya ditempatkan di Desa Titian Teras ( - 5 km. dari Kota
Bangko). Pondok
tersebut didirikan diatas tanah wakaf – 51 Ha (sertifikat), pemberian
masyarakat Desa Titian Teras untuk kepentingan agama islam.
Kemudian MTs.S PPSMQ sebuah
nama sebuah sekolah swasta yang bercirikan agama islam yang ada didesa titian
teras. Penyelenggaraan dari sekolah ini adalah Yayasan Pendidikan Islam Syekh
maulana Qori. Sekolah ini terletak dijalan Syekh Maulana Qori,Kecamatan batang
Masumai Kabupaten Merangin.
MTs.S PPSMQ didirikan pada tahun 1985. Waktu belajar
disekolah adalah pada waktu pagi hari dari jam 07.30 s/d 13.20 Wib. Jarak
sekolah dengan rumah penduduk – 1 Km. keliling tanahnya adalah 576.260. M, luas
tanahnya = 576260 M2.
BAB III
KEGIATAN PRAKTEK
A. Mengajar/Kurikuler
1. Kegiatan
Masuk Kelas
a.
Ketika masuk kelas guru memberikan salam, dan
mengabsen para Siswa/I.
b.
Guru membuka pelajarn dengan member motivasi,
appersepsi dan mengkondisikan Siswa/I.
c.
Cara membuka pelajaran sesuai dengan materi
yang disajikan tahap pendahuluan, ini biasanya berlansung antra 5 sanpai 7
menit.
d.
Perhatian Siswa/I saat pelajaran dimulai baik
dan serius (siap dan antusias untuk belajar).
2. Kegiatan
Pelajaran Berlansung
Selam kegiatan belajar mengajar berlansung ada siswa/siswi mengajukan
pertanyaan, hal ini dilakukan bila siswa/siswi belum mengerti atau kurang jelas
sehingga guru dapat menjelaskan kembali materi tersebut.
Dalam diskusi siswa/siswi lebih antusias untuk bertanya dan menjawab
pertanyaan yang disampaikan oleh siswaa/siswi itu sendiri.
3. Penutup
Bagian penutup berlansung
kurang lebih 5 sampai 7 menit untuk menyimpullkan hasil belajar mengajar yang
berlansung.
B. Non mengajar/Ekstrakulikuler
1. Memberi
pelatihan pada latihan Upaca Bendera
2. Mendampingi
kegiatan OSIS
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX/I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami usaha mempertahankan
kemerdekaan.
Kompetensi
Dasar
1. Mengidentifikasi
usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2. Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan.
Indicator
1. Menjelaskan
prjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia
2. Menjelaskan
usaha-usaha para pejuang demi kemerdekaan
3. Menjelaskan
peristiwa-peristiwa politik pasca pengakuan kedaulatan
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa
mampu mendeskripsikan perjuangan indonesia
2.
Siswa
dapat menyebutkan usaha yang di lakukan para pejuang
3.
Siswa
mampu menjelaskakan peritiwa-politik dan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan
B. Materi
Pokok
1.
Perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.
Peristiwa-peristiwa
politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
C. Metode
pembelajaran
1.
Ceramah,
Tanya jawab dan diskusi
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Memberi salam
b. memulai dengan membaca Basmalah dan Do’a
c. Absensi, Apersepsi
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru
menjelaskakn pengertian perjuangan
b.
Guru
menjelasan usaha mempertahankan kemerdekaan indonesia
c.
Guru
memberikan contoh usaha para pejuang dan peristiwa-peristiwa politik dan
ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3. Kegiatan
Akhir
a.
Guru
menyimppulkan pelajaran
b.
Guru
meminta siswa menyebutkan ciiri-ciri mempertahan kan kemerdekaan
c.
Guru
menutup pelajaran
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPS
2.
Sumber
yang relavan
3.
Spidol dan
papan tulis
F. Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Tekni : Tulis
3. Bentuk : Uraian
Mengetahui, Guru pamong Mahaiswa PPL
Kepala MA PPSMQ
SOLIHIN S.pd,I ADI SAPUTRA S.pd HARDI
NIM.
2008.0009
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit (2 x
pertemuan)
Standar
Kompetensi
Memahami perubahan social budaya
Kompetensi
Dasar
1. Mendeskripsikan
perubahan social budaya pada masyarakat
2. Menguraikan tipe-tipe
perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Indicator
1. Menjelaskan
perubahan social budaya yang terjadi pada masyarakat
2. Menjelaskan bentuk-bentuk perubahan social
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa mampu
menyebutkan cirri-ciri perubahan sosial
2.
Siswa memahami devinisi perubahan sosial budaya
3.
Siswa
memahami dampak positif dan negative perubahan sosial budaya sehingga dapat
menyikapi dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi
Pokok
1.
Perubahan
sosial budaya
2. Pengendalian sosial dalam keluarga dan
masyarakat
C. Metode
pembelajaran
1.
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
4. Kegiatan
Awal
a. Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b. Membuka pelajaran
5. Kegiatan
Inti
a.
Guru menjelaskan tentang perubahan sosial budaya
b.
Guru
menjelaskan cirri-ciri perubahan sosial budaya
c.
Guru
menjelaskan perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan sosial
6. Kegiatan
Akhir
d.
Guru
menyimppulkan pelajaran
e.
Guru
meminta siswa menyebutkan ciiri-ciri perubahan sosial budaya
f.
Guru
menutup pelajaran
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPS
2.
Sumber yang
relavan
3.
Spidol dan
papan tulis
F. Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Tekhnik : Tulis
3. Bentuk : lisan dan urain
Soal
1. Sebutkan
factor penyebab perubahan sosial budaya?
2. Apa yang di
maksut dengan perubahan sosial budaya ?
Jawaban
1. Factor
penyebab perubahan sosial budaya antara lain:
a. Ketidakpuasan
terhadap situasi yang ada sehingga timbul keinginan untuk mencari atau
menciptakan situasi baru yang jauh lebih baik;
b. Timbulnya
ketimpangan antara hal-hal yang ada sekarang dan yang seharusnya ada di masyarakat;
c. Timbulnya
tekanan dari luar yang mengharuskan individu atau masyarakat untuk menyesuaikan
diri dengan lingkungan; serta
d. Timbulnya
kebutuhan untuk menghematkan dan peningkatan mutu dan kualitas.
2. Perubahan
sosial dapat di artikan sebagai perubahan yang terjadi sebagai akibat dari
adanya ketidak sesuaian antara unsure yang saling berbeda dalam kehidupan di
masyarakat.
Mengetahui, Guru
pamong Mahaiswa PPL
Kepala MA PPSMQ
Solihin S,pd,I Adi saputra S.Pd. Hardi
NIM.
2008.0009
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami lembaga keuangan
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Indicator
1. Menjelaskan
jenis-jenis uang
2. Menjelaskan
tentang perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian dunia
A. Tujuan
pembelajaran
1. Siswa mampu
mengetahui jenis-jenis uang
2. Siswa mampu
menjelaskan tentang perdagangan internasional dan dampak nya tehadap
perekonomian dunia
B. Materi
Pokok
Uang dan lembaga
keuangan
C. Metode
pembelajaran
Ceramah, diskusi dan Tanya
jawab
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b. Membuka pelajaran
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru
menjelaskan jenis-jenis uang
b.
Guru
memaparkan sejarah perkembangan uang dari zaman dulu sampai sekarang.
3. Kegiatan
Akhir
a. Guru menyimppulkan pelajaran
b. Guru meminta siswa menyebutkan beberapa
jenis-jenis uang
c. Guru menutup pelajaran
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPS
2.
Sumber
yang relavan
3.
Spidol dan
papan tulis
F. Penilaian
1. Tes Lisan
2. Penilaian
Afektif
3. Penugasan
Soal
1. Jelaskan pengertian uang?
2. Sebutkan
tahap-tahap perkembangan uang, menurt sejarah!
Jawaban
1. Uang adalah
segala sesuatu yang diterima oleh masyarakat umum, sebagai alat pembayaran yang
sah, dan alat pertukaran dalam perdagangan.
2. Dalam sejarah
perkembangan uang mengalami uang mengalami beberapa tahap, yaitu tahap sebelum
barter, tahap barter, tahap uang barang, tahap uang logam, tahap uang kertas,
dan tahap uang giral.
Pulau raman
november 2011
Mengetahui,
Kepala MA PPSMQ Guru pamong Mahaiswa PPL
Solihin,S,pd.I Adi saputra, S.Pd Hardi
Nim. 2008.0009
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Tsanawiah DEPATI AGUNG
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : IX
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami perdagangan internasional
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
Indicator
1. Memaparkan,
dmpak perekonomian Indonesia akibat perdagangan internasional
2. Menjelaskan
peran perdagangan internasional
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa
mampu menyebutkan bentuk-bentuk perdagangan internasional
2.
Siswa
mengetahui peran perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian
indonesia
B. Materi
Pokok
Perdagangan
internasional dan dampaknya terhadap perekonomian indonesia
C. Metode
pembelajaran
Ceramah diskusi dan Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a.
Menganalisis
siituasi, Absensi, Apersepsi
b.
Membuka
pelajaran
c.
Mengulang
pelajaran yang lalu
2. Kegiatan
Inti
a. Guru menjelaskan tentang perdagangan
internasional
b. Guru menjelaskan cirri-ciri perdagangan
internasional
c. Guru menjelaskan dampak perdagangan
internasional terhaadap perekonomian indonesia
3. Kegiatan
Akhir
1. Guru menyimppulkan pelajaran
2
Guru
meminta siswa menyebutkan beberapa peran perekonomian internasional dan
dampaknya terhadap perekonomian indonesia
3
Guru
menutup pelajaran
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPS
2.
Sumber
yang relavan
3. Spidol dan papan tulis
F. Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Tekhnik : Tulis
3. Bentuk : lisan dan urain
Soal
1. Apa yang di
maksut dengan perdagangan internasional?
2. Jelaskan
dampak positif perdagangan internasional?
Jawaban
1. Perdagangan internasional adalah suatu proses
tukar-nenukar atu jual beli antara barang dan jasa antara dua Negara atau lebih
2.
Dampak
positif perdagangan internasional antara lai: memperoleh barang yang tidak
dapat dihasilkan sendiri di dalam negri, menambah perolehan devisa bagi Negara
pelaku peragangan internasional, menyebabkan terjadinya alih teknologi dari
Negara maju kepada Negara berkemb Negara berkembang, memperluas pasar bagi
barang hasil produksi dalam negri, menjalin kerjasama antar Negara dan arus
pertukaran barang antar Negara, menambah pendapatan Negara dari bea yang akan
di bayar oleh eksportir dan infortir, mempercepat pertumbuhan ekonomi dan
menjaga stabilitas ekonomi nasional serta mempererat persahabatan
Titian Teras, 4 November
2010
Mengetahui,
Kepala MA PPSMQ Guru pamong Mahasiswa PPL
Ahmad Syukri,S.Ag Rahmawati, S.P Masyitoh
Nim. 27.25.04
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Kelas/Semester : X/I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan
cirri dan jenis jamur berdasarkan pengamatan, percobaan, dan kajian literature
serta peran bagi kehidupan
Indicator
1. Menjelaskan
ciri-ciri dan jenis-jenis jamur
2. Menjelaskan
peran jamur bagi kehidupan
A. Tujuan
pembelajaran
3. Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri dan jenis jamur
1.
Siswa
mampu mengetahui peran jamur bagi
kehidupan
2.
Siswa
mengetahui manfa’at dan bahaya jamur bagi kehidupan
B. Materi
Pokok
1.
Lingkungan dan jamur
C. Metode
pembelajaran
1.
Ceramah Tanya
jawab dan Diskusi
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b. Membuka pelajaran
c. Mengulang pelajaran yang lalu
2. Kegiatan
Inti
a. Guru menjelaskan tentang filum
b. Guru menjelaskan cirri-ciri umum filum dalam
kingdom protesta
c. Guru menjelaskan peran protista
d. Kegiatan
Akhir
1. Guru menyimppulkan pelajaran
2.
Guru
meminta siswa menyebutkan beberapa peran Archaebecteria dan eubacteria
3. Guru menutup pelajaran
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPA Biologi
2.
Sumber
yang relavan
3. Spidol dan papan tulis
F. Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Tekhnik : Tulis
3. Bentuk : lisan dan urain
Soal
1. Sebut
cirri-ciri jamur
2. Sebutkan
manfa’at jamur
Jawaban
1. Ciri jamur
-
Eakariotik
-
Uniseluller dan multiseluler
-
Tidak memiliki klorafil
-
Dinding sel berupa kritin
2. Pemanfa’atannya
yaitu dalam pembuatan ragi, Tapai, Roti dan Tempe
Titian Teras, 4 November 2010
Mengetahui,
Kepala MA PPSMQ Guru pamong Mahasiswa PPL
Ahmad Syukri,S.Ag
Rahmawati, S.P
Masyitoh
Nim. 27.25.0
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran : IPA Biologi
Kelas/Semester : X/I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami hakikat Biologi sebagai
illmu
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan objek dan
permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi (molekul, Komunitas, ekosistem dan bioma)
Indicator
1. Menjelaskan
objek biologi
2. Menjelaskan
tiingkat Organisasi kehidupan
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan berbagai tingkatan
organisasi kehidupan beserta contohnya
B. Materi
Pokok
1.
Lingkungan, molekul, sel, individu, repulasi
dan b ioma
C. Metode
pembelajaran
1.
Ceramah,
diskusi dan Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Menganalisis siituasi, Absesi, Apersepsi
b. Membuka pelajaran
c. Mengulang pelajaran yang lalu
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru
menjelaskan tentang objek biologi dan
permasalahannya
b. Guru menjelaskan tigkat organisasi kehidupan beserta conroohnya
3. Kegiatan
Akhir
a. Kesimpulan
b. Menutup pembelajaran dengan membaca Hamdalah
c. Memeberi salam
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
Buku paket IPA Biologi
2.
Sumber
yang relavan
3.
Spidol dan
papan tulis
F. Penilaian
1. Jenis : Tes
2. Tekhnik : Tulis
3. Bentuk : lisan dan urain
Soal
1. Sebutkan
tingkatan-tingkatan Organisasi kehidupan;
Jawaban
1. Tingkatan-tingkatan
Organisasi kehidupan
-
Molekul -
Individu
-
Sel -
populasi
-
Jaringan -
Komonitas
-
Organ -
Ekosistem
-
Sistim Organ -
Bioma
Titian Teras, 4 November 2010
Mengetahui,
Kepala MA PPSMQ Guru pamong Mahasiswa PPL
Ahmad Syukri,S.Ag
Rahmawati, S.P
Masyitoh
Nim. 27.25.04
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
IDENTITAS
Sekolah/madrasah : Madrasah Aliyah PPSMQ
Mata Pelajaran : IPS Geografi
Kelas/Semester : X/I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
Standar
Kompetensi
Memahami sejarah pembentukan Bumi
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan tata surya dan jagat
raya
Indicator
1. Mamahami
prinsip dan ilmu bantu pada studi geografi
2. Menguaikan
prinsip-prinsip geografi
3. Menguraikan
ilmu bantu pada studi geografi
A. Tujuan
pembelajaran
1.
Siswa
mampu memahami dan menjelaskan prinsip
dan ilmu bantu pada studi geografi
2.
Siswa
dapat menyebutkan prinsip-prinsip
geografi
3.
Siswa
dapat menyebutkan ilmu bantu pada studi
geografi
B. Materi
Pokok
1.
Bumi dan perkembanganya
a.
Jagat Raya
b.
Tata Surya
C. Metode
pembelajaran
2.
Ceramah,
Tanya Jawab Demonstrasi
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
a. Memberi salam
b. memulai dengan membaca Basmalah dan Do’a
c. Absensi, Apersepsi dan melanjutkan materi yang
di ajarkan
2. Kegiatan
Inti
a.
Guru
menyampaiakan Kompetensi Dasar yang ingin dicapai
b.
Penjelasan
materi
c.
Tanya
jawab
3. Kegiatan
Akhir
a.
Kesimpulan
b.
Menutup
pembelajaran dengan membaca Hamdalah
c.
Memeberi
salam
E. Sumber/Alat
1.
Buku paket
IPS Geografi terbitan Yudistira
2.
Sumber
yang relavan
3.
Spidol dan
papan tulis
F. Penilaian
1. Tes Lisan
2. Penilaian
Afektif
Titian Teras,2 November
2010
Mengetahui, Guru pamong Mahasiswa PPL
Kepala MA PPSMQ
Ahmad Syukri,S.Ag
Eka Puji Hastuti,S.Pd Asparo
Jeni
NIM.
27.25.169
DAFTAR
PIKET HARIAN
Mahasiswa
STAI SMQ Bangko
Di
Madrasah Aliyah PPSMQ
No
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
1
2
3
|
Azwar
Sakinah
Afnan
|
Asparo Jeni
Masyitoh
Halimah
|
Ilal hadi
Jamilah
Deni Tesra
|
Keterangan tugas piket
1. Manyajikan
minuman/snack diruang majelis guru
2. Mengisi waktu
kosong pada kelas yang gurunya berhalangan dengan materi yang telah ditentukan
3. Memimbing
siswa membersihkan lingkungan sekolah
Titian Teras, Desember 2010
Kepala MA PPSMQ
Ahmad Syukri, S.Ag
JADWAL MATA PELAJARAN YANG DIAJARKAN
No
|
Hari
|
Jam
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
|
Selasa
Selasa
Kamis
Kamis
Kamis
Kamis
|
10.40 s/d 12.00
12.00 s/d 13.20
08.50 s/d 09.30
10.40 s/d 12.40
11.20 s/d 12.00
12.00 s/d 13.20
|
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
Geografi
|
XI
XI
X
X
XII
XII
|
Putri
Putra
Putri
Putra
Putra
Putri
|
Titian Teras, Desember 2010
Guru Praktek
Asparo Jeni
NIM. 27.25.169
PROFIL PONDOK
PESANTREN
Nama Pondok : Pondok Pesantren
Syekh Maulana Qori
Alamat : JLN. Syekh Maulana Qori Titian
Teras
Kecamatan : Batang Masumai
Kabupaten : Merangin
Provinsi : Jambi
Nama Pimpinan : K.H. Abd. Satar Saleh
Keterangan :
No
|
Unsur Sekolah/ Pondok
|
Jumlah
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Pimpinan
Sekretaris
Guru Tetap
Guru Tidak Tetap
Instruktur Computer
Tata Usaha
Penjaga Sekolah/Pondok
|
|
DAFTAR WALI KELAS
MADRSAH ALIYAH PPSMQ
No
|
NAMA
|
Wali Kelas
|
KET
|
|||||
X
PA
|
X
PI
|
XI
PA
|
XI
PI
|
XII
PA
|
XII
PI
|
|||
1.
2.
3.
|
Eka Puji Hastuti, S.Pd
Bebasti Mastin Yudar, S. Pd
M. Firdaus, S.T
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Titian Teras, Desember 2010
Kepala PPSMQ
Ahmad Syukri, S. Ag
DATA GURU
DI MADRASAH PONDOK PESANTREN SYEKH
MAULANA QORI
TITIAN TERAS
G. Motto, Visi dan Misi MAN
Bangko
Adapun motto dari
MAN Bangko adalah “TERAMPIL”
(Teladan, Efektif, Rapi, Amanah, Mandiri, Patuh, Ikhlas, Lues).
Visi :
“Terwujudnya Madrasah Aliyah Negeri Bangko Sebagai Pusat Pengkajian Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi Yang Berlandaskan Iman dan Taqwa Menuju Masyarakat
Madani”
Misi : 1.
Meningkatkan mutu kompetensi akademik dan non akademik
2. Menumbuh kembangkan kualitas potensi diri siswa
secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimilikinya
3. Mewujudkan lingkungan MAN Bangko
yang kondusif dan transparan
4. Menerapkan manajemen partisipasi dan pelayanan prima dengan melibatkan
komite madrasah dan semua masyarakat yang peduli terhadap pendidikan
H. Keadaan Sarana dan
Prasarana Sekolah
Adapun sarana dan
prasarana MAN Bangko adalah sebagai berikut:
1.
Ruang Kepala :
1 ruang
2.
Ruang Tata Usaha : 2
ruang
3.
Ruang WK Guru : 1 ruang
4.
Ruang BP/BK :
1 ruang
5.
Ruang UKS : 3 ruang
6.
Ruang Belajar :
11 ruang
7.
Ruang Pustaka :
1 ruang
8.
Ruang Labor IPA : 1
ruang
9.
Ruang Labor Bahasa/Com : 1 ruang
10.
Pos Security :
1 unit
11.
Mushola :
1 unit
12.
Parkir :
2 unit
13. Kantin : 1 unit
DENAH MA PPSMQ TITIAN
TERAS
kantin
|
Lokal Putra
|
Lokal Putri
|
|
K
|
Aula
|
Labor
|
Ruang guru
|
P
|
Lokal Putri
|
Lokal Putri
|
|
kantor
|
kprs
|
|
kantin
|
Lokal Putra
|
Lokal Putra
|
I.
KEPALA
AHMAD
SYUKRI, S.Ag
|
KOMITE
A. BAKAR, AR
|
KAUR TU
Arfan Rizal, S.Ag
|
|
PERLENGKAPAN
Sri Rahayu
|
P. UMUM
Darsiah, S.Ag
|
BENDAHARA
Mujiono
|
WAKA SARANA
Junaidi, S.Pd
|
WAKA KESISWAAN
Marwan, S.Pd.I
|
WAKA HUMAS
Drs. Muslim. B
|
WAKA KURIKULUM
Sugianto, S.Pd
|
WAKA LIFE SKILL
Drs. Fuadi
|
Ko. M. PJRAN
Junaidi, S.Pd
|
Ko. LIFESKILL
Drs. Fuadi
|
Ko. DIB
|
Ko. HUMAS
Drs. Muslim. B
|
TATIB MA
Drs. Rasmul H.
|
Ko. EKTRAKULER
|
KOPERASI SISWA
Rosmawati, S.Pd
|
PERPUSTAKAAN
Krisnawati Ida, S.Pd
|
DEWAN GURU
|
Koor. BP/BK
Aprizon, S.Pd
|
WALI KELAS
|
X PA/PI
|
XII PA/PI
|
TERLAMPIR PADA DATA GURU
MAN BANGKO
|
SISWA-SISWI
MAN BANGKO
|
XI PA/PI
|
BAB
III
KEGIATAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN
A. Mengajar/Kurikuler
LAPORAN KEGIATAN
MINGGUAN
Nama : Ummi Kalsum
Nim :
T.PAI.I.2008.0009
Program studi : Strata Satu (S.1)
Kecamatan : Batang Masumai
Kabupaten : Merangin
No
|
Hari/tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil yang dicapai
|
Ket
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 17 Oktober 2010
Selasa,18 Oktober 2010
Rabu,19Oktober 2010
Kamis 20 Oktober 2010
Jum’at,21 Oktober 2010
Sabtu ,22 Oktober 2010
Minggu,23 Oktober 2010
|
Ø Pertemuan mahasiswa STAI
SMQ BANGKO dengan KEPALA MTS Depati AGUNG Pulau
Ø Raman
Ø Mengisi jam Kosong di
kelas
1. VIII A PI MTs.S
Ø Piket Kantor
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong di
Kelas
1. VIII A PI MTs.S
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 25 Oktober 2010
Selasa,26 Oktober 2010
Rabu,27 Oktober 2010
Kamis 28 Oktober 2010
Jum’at,29 Oktober 2010
Sabtu ,30 Oktober 2010
Minggu,31 Oktober 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong mata
peajaran Akidah Akhlak di kelas
1. IX C PI MTs.S
Ø Piket Kantor
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Ngelayat Siswi meninggal
Dunia di Desa Pulau Layang
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong di
Kelas
1. VII A PI MTs.S
2. VIII A PI MTs.S
3. X PI MA (Sosiologi)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Kelompok
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 1 November 2010
Selasa,2 November 2010
Rabu,3 November 2010
Kamis 4 November 2010
Jum’at,5 November 2010
Sabtu ,6 November 2010
Minggu,7 November 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong di
kelas
1. IX C PI MTs.S
(Bahasa Arab)
Ø Piket Kantor
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong
1. VII A PI MTs.S
(Shorof)
2. X PA MA (Sosiologi)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 8 November 2010
Selasa,9 November 2010
Rabu,10 November 2010
Kamis,11 November 2010
Jum’at,12 November 2010
Sabtu ,13 November 2010
Minggu,14 November 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong mata
pelajaran Bahasa Arab di kelas
1. IX C PI MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong di
Kelas
1. VII A PI Mts.S
(PKN)
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong
1. VII A PI MTs.S
(Shorof)
2. X PA MA (Sosiologi)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 15 November 2010
Selasa,16 November 2010
Rabu,17 November 2010
Kamis,18 November 2010
Jum’at,19 November 2010
Sabtu ,20 November 2010
Minggu,21 November 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong mata
pelajaran Bahasa Arab di kelas
1. IX C PI MTs.S
Ø Piket Kantor
Ø Apel Pagi
Ø Libur Hari Raya Idul Adha
Ø Libur Hari Raya Idul Adha
Ø Libur Hari Raya Idul Adha
Ø Libur Hari Raya Idul Adha
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong
1. VII A PI MTs.S
(Shorof)
2. X PA MA (Sosiologi)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 22 November 2010
Selasa,23 November 2010
Rabu,24 November 2010
Kamis,25 November 2010
Jum’at,26 November 2010
Sabtu ,27 November 2010
Minggu,28 November 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong mata
pelajaran Bahasa Arab di kelas
2. IX C PI MTs.S
Ø Piket Kantor
Ø Mengisi Jam Kosong di
Kelas
1. VII A PI Mts.S
(PKN)
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Mengajar Geografi di kelas
1. IX A PA MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong
1. VII A PI MTs.S
(Shorof)
2. X PA MA (Sosiologi)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 29 November 2010
Selasa,30 November 2010
Rabu,1Desember 2010
Kamis,2 Desember 2010
Jum’at,3 Desember 2010
Sabtu ,4 Desember 2010
Minggu,5 Desember 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Mengisi jam Kosong mata
pelajaran Bahasa Arab di kelas
1. IX C PI MTs.S
Ø Mengisi Jam Kosong di
Kelas
1. VII A PI Mts.S
(PKN)
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. XI PI MA
2. XI PA MA
3. IX C PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX A PI MTs.S
2. IX B PI MTs.S
Ø Mengajar mata pelajaran
geografi dikelas
1. IX B PA MTs.S
2. X PI MA
3. XI PA MA
4. XII PA MA
5. XII PI MA
Ø Gotong Royong
Ø Ngawas ujian llisan di
kelas I (Pondok)
Ø Ngawas ujian llisan di
kelas I (Pondok)
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 6 Desember 2010
Selasa,7 Desember 2010
Rabu,8 Desember 2010
Kamis,9 Desember 2010
Jum’at,10 Desember 2010
Sabtu ,11 Desember 2010
Minggu,12 Desember 2010
|
Ø Upacara Bendera
Ø Ngawas ujian llisan di
kelas I (Pondok)
Ø
Ø Yasinan menyambut I
Muharram
Ø HER Ujian Lisan
Ø HER Ujian Lisan
Ø Minggu tenang
Ø Minggu tenang
Ø Minggu tenang
|
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Senin, 13Desember 2010
Selasa,14 Desember 2010
Rabu,15 Desember 2010
Kamis,16 Desember 2010
Jum’at,17 Desember 2010
Sabtu ,18 Desember 2010
Minggu,19 Desember 2010
|
Ø Pengawas Ujian Di Kelas
1. VII B PA MTS
2. VII b PA MTS
3. VII b PI MTS
4. XI PA MA
Ø Pengawass Ujian Dikelas
1. VII c PA MTS
2. VII c PA MTS
3. XII PI MA
Ø Pengawass Ujian Dikelas
1. XI PI MA
2. XI Pi MA
|
Terlaksana
Terlaksana
|
Individu
Individu
|
1.
2.
3.
4.
|
Senin, 20 Desember 2010
Selasa,21 Desember 2010
Rabu,22 Desember 2010
Kamis,23 Desember 2010
|
Ø
|
|
|
|
|
Ø
|
|
|
B. Non
Mengajar/Ektrakurikuler
LAPORAN KEGIATAN NON MENGAJAR/EKSTRAKURIKULER
Nama :
M. TARUL
NIM :
26.25.055
Program Studi :
S.1 Tarbiyah/PAI
Sekolah/Madrasah :
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko
Kabupaten :
Merangin
Minggu ke : I (Pertama)
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
HASIL YANG DICAPAI
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
Senin,
12-10-2009
|
Pertemuan mahasiswa STAI
SMQ Bangko dengan Kepala
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bangko.
Penyerahan mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kepada Kepala Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Bangko
|
Terlaksana
Terlaksana
|
Kelompok
Kelompok.
Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Bangko yang diwakili oleh Wakil Kepala Bid. Kurikulum dan Wakil
Kepala Bid. Kesiswaan
|
2
|
Selasa
13-10-2009
|
Pembagian roster pelajaran oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum
kepada mahasiswa peserta Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Obsevasi ke kelas-kelas yang akan dijadikan praktek mengajar bagi
mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) sekaligus perkenalan dengan murid
di kelas tersebut
|
Terlaksana
|
Kelompok dan
individu.
Kelompok.
|
3
|
Rabu
14-10-2009
|
Absen harian di Madrasah.
Melaksanakan piket harian anggota PPL
Observasi ke fasilitas Madrasah: Perpustakaan, Kantin kejujuran,
laboratorium, musholla, ruang osis
|
Terlaksana
dengan baik
Terlaksana
dengan baik
Terlaksana
dengan baik
|
Individu.
Kelompok
Kelompok dan
individu.
|
4
|
Kamis
15-10-2009
|
Absen harian di Madrasah.
Observasi ke kelas dan perkenalan kepada siswa-sisw atas kehadiran
anggota PPL di MAN Bangko
|
Terlaksana
dengan baik.
Terlaksana
dengan baik.
|
Individu
Individu
|
5
|
Jum’at
16-10-2009
|
Absen harian di Madrasah.
Melaksanakan piket harian anggota PPL.
Mendampingi anak dalam kegiatan kultum umum di halaman Madrasah
Mengajar murid dalam kegiatan pengembangan diri Seni dan Olahraga
Mengajar murid dalam kegiatan pengembangan diri cabang latihan MC.
|
Terlaksana
dengan baik.
Terlaksana
Terlaksana
Terlaksana
dengan baik.
Terlaksana
dengan baik.
|
Individu
Kelompok dan
Individu
Kelompok
Individu
Individu
|
6
|
Sabtu
17-10-2009
|
Absen harian di Madrasah
Melaksanakan piket harian anggota PPL.
|
Terlaksana
dengan baik.
Terlaksana
dengan baik.
|
Individu.
Kelompok.
|
7
|
Minggu
18-10-2009
|
Libur Madrasah.
|
|
|
Bangko, Desember
2009
Guru Pamong Guru
Praktek
Drs. ABDULLAHLIM, M.Pd.I M. T A R U L
NIP. 196704111991031014 NIM. 26.25.055
Diketahui oleh:
KEPALA MAN BANGKO
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Praktek pengalaman lapangan (PPL) merupakan salah satu proses awal
pembelajaran menjadi seorang tenaga pendidik dengan mengaplikasikan teori ke
praktik, hal ini harus diupayakan secara profesional dengan metode-metode
mengajar dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum yang
berkembang dan berlaku.
Kegiatan PPL sangat baik dan penting dilaksanakan dengan sungguh-sungguh
oleh setiap mahasiswa program pendidikan, karena melalui PPL ini kita dapat
mengembangkan teori yang selama ini kita peroleh. Terkadang kondisi yang kita
temukan dilapangan berbeda dengan teori yang kita pelajari. Teori merupakan
dasar untuk melaksanakan praktek dilapangan dan teori itu harus kita kembangkan
sesuai dengan situasi dan kondisi dilapangan.
Praktek pengalaman lapangan (PPL) juga bertujuan untuk melatih mahasiswa
(calon tenaga pendidik) agar memiliki kemampuan menggunakan kinerja dengan
situasi nyata baik kegitan mengajat maupun tugas-tugas non mengajar dan
memberikan latihan bagi mahasiswa calon guru agar mampu melaksanakan tugas
sebagai seorang guru yang selayaknya disekolah-sekolah tempat mereka mengadakan
kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) serta Mengenal lebih dekat tentang lingkungan fisik,
administrasi sekolah dan menjadi referensi atas kerjanya kelak apabila telah
mengabdikan dirinya disebuah lembaga pendidikan.
Proses pembelajaran menjadi seorang tenaga
pendidik yang bijaksana dan profesional, Menarik pelajaran, penghayatan dan pengalaman
selaman melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) melalui refleksi yang
merupakan salah satu ciri pentingya pekerjaan profesional dan Melatih
mengendalikan sikap, emosi dan perasaan sebagaimana layaknya seorang guru
sehingga menjadi motivator bagi siswa dan membantu mahasiswa dalam menemukan metode
belajar yang efektif dan efesien.
B. Saran-saran
Setelah penulis mengadakan Praktek pengalaman lapangan (PPL) di MAN Bangko
yang berlangsung dari tangga 12 Oktober s/d 13 Desember 2009 dan menyusun
laporan ini, maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut:
- Kepada kepala MAN Bangko kiranya dapat mempertahankan prestasi sekolah
yang bertaraf nasional dan eksistensinya sampai kapanpun, karena MAN
Bangko merupakan lembaga pendidikan yang memang betul-betul menerapkan
kedisiplinan yang tinggi, baik disiplin pegawai, majelis guru, murid,
administrasi sekolah, sarana prasarana dan kedisiplinan dalam proses
belajar mengajar, MAN Bangko merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten
Merangin dan kebanggaan penulis sendiri.
- Kepada majelis guru MAN Bangko pada dasarnya adalah guru-guru yang
berkompenten dan profesional dalam memberi naungan, membimbing dan
mendidik, selalu tetap semangat dan menanamkan jiwa ikhlas beramal sehingga
akan mendapat keridhoan dari Allah SWT nantinya.
- Kepada teman-teman mahasiswa yang masih dalam proses menyelesaikan
studi pendidikan agar kiranya memang betul-betul memahami dan mempelajari
keilmuan mengenai pendidikan seorang guru untuk mengajar di sekolah
nantinya.
- Kepada pihak keluarga/wali murid yang menyekolahkan anaknya di MAN
Bangko agar lebih memperhatikan dan membimbing anak dirumah dengan
menamkan iman dan ketaqwaan, karena keluarga adalah penanggung jawab
pertama dalam pendidikan anak.
- Kepada siswa-siswi MAN Bangko, jadilah MAN Bangko sebuah kebanggaan,
karena sekolah yang telah meraih ribuan prestasi baik tingkat Kabupaten,
Provinsi bahkan tingkat nasional, jaga almamater/sekolah, baik
dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah
C. Kata Penutup
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, berkat taufik dan
hidayah-Nya dan atas bantuan pihak yang terkait sehingga Laporan PPL ini dapat
penulis selesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Laporan PPL ini hasil maksimal dari penulis, namun penulis merasa banyak
sekali kekurangan dalam melaksanakan
Praktek pengalaman lapangan (PPL) maupun menyusun laporan ini, semua ini
bukanlah hal yang disengaja, akan tetapi kemampuan penulis yang masih serba
kekurangan dan terbatas. Untuk itu saran dan kritik yang sifatnya membangun
sangat penulis harapkan. Atas perhatian dan dukungannya penulis ucapkan banyak
terima kasih.
Wassalamu’alaikum.
Wr.Wb
Bangko, Desember 2009
Penulis,
M. T A R U L
NIM. 25.25.1227
DAFTAR PUSTAKA
Profil Kampus Hijau, Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh maulana
Qori (PPSMQ) Titian Teras “Terampil” 2005; diterbitkan oleh MAN
Bangko
Buku Panduan Akademik STAI SMQ Bangko Tahun
Akademik 2005-2006; diterbitkan oleh STAI SMQ Bangko
Buku Panduan Akademik STAI SMQ Bangko Tahun
Akademik 2008-2009; diterbitkan oleh Tim Revisi STAI SMQ Bangko
Buku Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) Program Strata Satu (S.1) Program Studi Pendidikan
Agama Islam (PAI) dan Ahwalul As-Syakhsiyah 2010-2011; diterbitkan oleh Panitia PPL STAI SMQ Bangko
Rosminarni, (2008). Laporan Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) di SMP Negeri 34 Merangin Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten
Merangin
Yamin, Martinis, Drs, M.pd, (2003) Strategi
Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung; Gaung Persada Press
Aqib, Zainal, H, Drs, M.Pd (2008) Karya Tulis
Ilmiah; Bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung; PT. Yrama Widya
Heri Jauhari, Drs, M.Pd (2007) Pedoman
Penulisan Karya Ilmiah; Artikel, Resensi, laporan, Makalah, Proposal, Skripsi
dan Tesis. Bandung; CV Pustaka Setia
Nurtanjung, Bahdin, H, SE, MM dan Ardial, H, Drs,
M.Si (2005) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Prosal, Skripsi, Tesis dan
Mempersiapkan Diri Menjadi Penulis Artikel Ilmiah. Jakarta; Kencana Prenada
Media Group.
Nsution, S, Prof. Dr, MA (2008) Buku Penuntun
Membuat Tesis, Skripsi, Disertasi, Makalah. Jakarta; PT. Bumi Aksara
ABSEN KLS I MTS.s
DEPATI AGUNG
1
|
A.kasmuda
|
2
|
Anidar
|
3
|
Amzam prayudi
|
4
|
Ahmad roni
|
5
|
Amin ra,is
|
6
|
Apri andani
|
7
|
Deli saftika
|
8
|
Ema kartina
|
9
|
Eka lestari
|
10
|
Gandi suprianto
|
11
|
Hafriko
|
12
|
Hasmanidar
|
13
|
Ikroni
|
14
|
Jamrul huda
|
15
|
Khorul amin
|
16
|
Kitgusmanto
|
17
|
Megawatri
|
18
|
Maryatul habibah
|
|
m. alialatas
|
19
|
m. yazit
|
20
|
m. wahyu
|
22
|
Marfawi
|
23
|
m. ilham
|
24
|
Ningsi anggraii
|
25
|
Nanda lestari
|
26
|
Piqri
|
27
|
Priansyah
|
28
|
Riadus soleh
|
29
|
Rini jumita
|
30
|
Riko handri
|
31
|
Sefka hastina
|
32
|
Samhur
|
33
|
Suproto hasril
iskandar
|
34
|
Wiwik
|
35
|
Zumilarti
|
36
|
zarhadi
|
NAMA SISWA KLS II MTS
NO
|
NAMA
|
1
|
Abi
|
2
|
Ade
saputra
|
3
|
Al hadi
|
4
|
Ardian
|
|
Bambang
sugianto
|
5
|
Desi
maryani
|
6
|
Eni
sentia
|
7
|
Hadi
amanah
|
8
|
Hadiyanus
|
9
|
Iki
sundari
|
10
|
Islamiah
|
11
|
Irna
yati
|
12
|
Latifah
|
13
|
Lutfi
|
14
|
Mu,alimah
|
15
|
Muyfar
|
16
|
Nurlina
|
17
|
Ofi
marya
|
18
|
Rembi
|
19
|
Restiyopiani
|
20
|
Ratih
wahyuni
|
21
|
Resi
ratnasari
|
|
subardi
|
22
|
Tuti
irmaya
|
23
|
Yuni
pramida
|
24
|
Zumrotul
husna
|
25
|
|
26
|
|
NAMA SISWA KLS III
NO
|
NAMA
SISWA
|
1
|
Abdul
aziz
|
2
|
Ardianto
|
3
|
Aan
saputra
|
4
|
Abdulkholiq
|
5
|
Abdulkholiq
ii
|
6
|
Alex
syukur
|
7
|
Ahmat
tazi
|
8
|
Dera
andika
|
9
|
Hartawan
|
10
|
Imi
saputrianti
|
11
|
Japri
darwansyah
|
12
|
Khumaidi
|
13
|
Lilies
suryanianti
|
14
|
Munawaroh
|
15
|
Nurwani
|
|
Nuraini
|
16
|
Nikmatulusma
|
|
Pira
tomi
|
17
|
Rusdianto
|
18
|
Rudi
candra
|
19
|
Syahfudin
|
20
|
Siti
nurmaya sari
|
21
|
Yeni eka
sari
|
22
|
Zikri
|
23
|
|
25
|
|
STRUKTUR
ORGANISASI MTS,s DEPATI AGUNG
PELINDUNG/PENASEHAT
1.
Camat
muara siau
2.
UPTD
kec. Muara siau
3.
Kades
pulau raman
|
K.a TATA USAHA
M. QOSIM
|
KEPALA SEKOLAH
SOLIHIN .S.Pd.I
|
KOMITE SEKOLAH
KETUA
: ARIPIN
W.
KETUA: GANI.
SEKRETARIS
: A.MALIK. S.Pd
BENDAHARA:
NISWATI
ANGGOTA:
SITI RIAWANI
|
WAKIL KURIKULUM
HARTONI S.Pd:
WALI
KELAS
X : M. zamzami
XI :
XII
|
WAKIL KESISWAAN
ADE SAPUTRA. S.Pd
PEMBINA
1.
OSIS
: zamroni S.Pd
2.
Pramuka
: yazid. S.Pd.I
3.
KU.praktek
: Komarudin
4.
KU.
Aslin : feri siswanto
|
TENAGA PENDIDIK
1.
Agussalim.
S.Pd
2.
Solihin
.S.Pd.I
3.
Ade
saputra S.Pd
4.
Hartoni
S.Pd
5.
Yazid.
S.Pd.I
6.
Aswandi.SE
7.
Zamroni.
S.Pd
8.
Eti
witasari. S.pd
9.
Yanti.S.Pd
10.
Hartinah.
S.Pd
11.
A.malik.S.pd
12.
Zamzami.S.pd.I
13.
Feri
siswanto
14.
komarudin
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar