Minggu, 24 Januari 2016

TUGAS PROGRAM TAHUNAN (PROTA) KURIKULUM 2013












KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN NO 141/ PULAU BAYUR 1
Kelas / Semester     :  III/ 1
Nama Guru               :  RIKA JULIA
NIP / NIK                    : 



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           : SDN NO 141/VI PULAU BAYUR 1 
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  III
Semester                        :  1
Tahun Pelajaran           :  2015 / 2016




No

KompetensiDasar

Tema

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
1.3 Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar

3.1 Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

4.1  Melakukan pengamatan
terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta


Allah maha esa
8 Jp
Agustus : 2 Minggu

MingguEfektif: 20 X 4 = 80 Jam

2
3.1  Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

4.2  Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya


Asma
Ul-hus
Na
16 Jp
Agustus : 2 Minggu
September:  2 minggu

 




3
3.3 . Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
4.3 Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits


Prilaku
Mandiri
Dan
Percaya
Diri
16 JP
 September : 3 minggu
Oktober :1 minggu

4
1.1  Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 32.
2.5         Memiliki sikap disiplin dan  tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat
3.2     Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.1  Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.2  Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar



                   
Shalat
16 jp
Oktober      :  3  Minggu
November : 1 minggu

5
1.2  Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
3.3  Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat

4.5  Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar




Dzikir
16 JP
November   :   3 Minggu
Desember : 1 minggu

6
3.4  Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

4.6  Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah

Hikma
hshalat
8 jam
Desember    :   2 Minggu

 


 JUMLAH
80 JAM



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( HASBIAH  )
NIP196209121983102001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( RIKA JULIA  )
NIP














KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN NO 141/VI PULAU BAYUR 1
Kelas / Semester     :  III/2

Nama Guru               :  LIKMAN HAKIM
NIP / NIK                    : 



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN NO 141/VI PULAU BAYUR 1
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  III
Semester                        :  2
Tahun Pelajaran           :  2015 / 2016

No

KompetensiDasar

Tema

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
3.7        Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar

4.7.1  Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar

4.7.2  Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar

4.7.3  Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar

Belajar
Al quran
16 jp
Januari       :   4 Minggu

Minggu Efektif: 18X 4 = 72Jam

2
2.6        Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.8        Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132
3.8      Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

4.8    Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah



Sifat wajib allah
8  jp
Februari    :   2  Minggu

3
2.4   Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar
3.9      Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

4.9   Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Perilaku peduli
8 jp
Februari        :    2 Minggu


4
2.4        Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
3.10   Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

4.10 Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Perilaku bersyukur
8 jp
Maret      :   2 Minggu


5
3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s

4.11  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

 Kisah nabii yusuf A.S
8 jp
Maret:             2 Minggu

 


6
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.

4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.


Kisah nabi syu’aib A.S
8 jp
Maret       :   1 Minggu
April : 1 minggu

7
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)

4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Kisah nabi Ibrahim dan ismail A.S 
8 jp
April  : 2 minggu

8
2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
3.14     Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw
4.14 Menceritakan kisah keteladanan    Nabi Muhammad saw

Kisah nabi muhammad SAW
8 jp
April: 1 minggu
Mei : 1 minggu


JUMLAH

72 JAM





Mengetahui
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru mata pelajara



( RIDWAN  )                                                                                       LUKMAN HAKIM
NIP196508151989011001






























































KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  II (Dua) / 1

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  II (Dua)
Semester                        :  1
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
2.1       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
3.16     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4 jam
Juli                 :   1 Minggu

Minggu Efektif: 18 X 4 = 72 Jam

2
2.1       Memiliki sikap jujur sebagai implementasi daripemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
4.16     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4 jam
Agustus       :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 Jam
3
2.6       Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
4.6.1    Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benardan jelas      implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
4 jam
September  :   5 Minggu
Uji Kompetensi X 4          : 16 Jam
4
2.6       Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
4.6.2    Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4 jam
Oktober      :   3 Minggu
Jumlah                        : 72 Jam
5
2.6       Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah Swt. sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas
3.6       Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr
4 Jam
November   :   4 Minggu

 

6
3.1       Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf
4.1       Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf
4 Jam
Desember    :   1 Minggu
7
1.4       Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam
3.2       Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan mahkluk ciptaan-Nyayang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4 Jam

Jumlah          :  18 Minggu

8
1.4       Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam
4.2       Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang danMaha Suci
4 jam

9
1.4       Meyakini adanya Allah Swt. Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
4.3       Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya
4 jam
10
2.4       Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
3.11     Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai  implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.11     Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai  implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4 jam
11
2.4       Memiliki sikap kerja sama dan tolong-menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
3.11     Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai  implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.11     Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai  implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4 jam
12
2.8       Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
3.5       Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
4.5       Menunjukkan perilaku hidup bersih dan sehat      sebagai implementasi dari pemahaman makna haditstentang kebersihan dan kesehatan
4 jam
13
1.3       Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan
3.9       Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
4.9       Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan
4 jam
14
1.1       Terbiasa berwudhu sebelum shalat
3.7       Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
4.7       Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib danbenar
4 jam
JUMLAH
56 JAM



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005














KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  II (Dua) / 2

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  II (Dua)
Semester                        :  2
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
3.12     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4.12     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
4 jam
Januari       :   4 Minggu

MINGGU EFEKTIF: 19 x 4 = 76 JAM

2
2.5       Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43
3.4       Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
4.4       Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
4 jam
Februari    :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 JAM
3
2.7       Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-'Ashr
4.6.1    Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benardan jelas
4.6.2    Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelasdari pemahaman Q.S. Al-'Ahshr
3.6       Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr
4 jam
Maret          :   3 Minggu
Uji Kompetensi x 5          : 20 JAM
4
3.13     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4.13     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
4 jam
April            :   5 Minggu
JUMLAH                        : 76 JAM
5
3.2       Mengetahui keesaan Allah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan mahkluk ciptaan-Nyayang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
4.2       Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dansekolah sebagai implementasi iman kepadaAllah Swt. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang danMaha Suci
4 jam
Mei                :   2 Minggu

 

6
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-SalamAl-Khaliq
4.3       Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam,Al-Khaliq dan maknanya
4 jam
Juni               :   1 Minggu
7
3.15     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya‘qub a.s.
4.15     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
4 jam
Jumlah      : 19 Minggu
8
2.3       Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
3.10     Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.10     Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
8 jam

9
1.2       Menunaikan salat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
3.8       Mengenal tata cara salat dan bacaannya
8 jam
10
1.2       Menunaikan salat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
4.8       Mempraktikkan salat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4 jam
11
3.14     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4.14     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
4 jam
12
3.3       Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam      Al-Khaliq
4.3       Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam,Al-Khaliq dan maknanya
4 jam

JUMLAH
56 JAM


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005






















KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  IV (Empat) / 1

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  IV (Empat)
Semester                        :  1
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
3.6       Mengetahui Surah Al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan baik dan benar
4 jam
Juli                 :   1 Minggu

Minggu Efektif: 18 X 4 = 72 Jam

2
4.6.1    Membaca surah al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan tartil
4 jam
Agustus       :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 Jam
3
4.6.2    Menulis kalimat-kalimat dalam al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan benar
4 jam
September  :   5 Minggu
Uji Kompetensi X 4          : 16 Jam
4
4.6.3    Menunjukkan hafalan surah al-Falaq, al-Mā'un dan al-Fil dengan lancar
4 jam
Oktober      :   3 Minggu
Jumlah                        : 72 Jam
5
3.1       Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
4 jam
November   :   4 Minggu

 

6
3.3       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-'Azhim
4.1       Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada
4 jam
Desember    :   1 Minggu
7
2.3       Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Hadid/57: 9
3.7       Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar
4.7       Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah dan di masyarakat sekitar
4 jam

Jumlah          :  18 Minggu

8
3.15     Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw.
4.15     Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw.
4 jam

9
1.1       Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
3.4       Memahami tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas
4 jam
10
1.1       Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadas kecil dan hadas besar
4.4       Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar sesuai ketentuan syariat Islam
4 jam
11
1.6       Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
3.10     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.10     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4 jam
12
1.6       Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
3.11     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
4.11     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zulkifli a.s.
4 jam
13
1.6       Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
3.12     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.12     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4 jam
14
1.6       Meyakini adanya Rasul-rasul Allah Swt.
3.13     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4.13     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
4 jam
JUMLAH
56 JAM


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005














KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  IV (Empat) / 2

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  IV (Empat)
Semester                        :  2
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

Minggu Efektif

JamEfektif

1
3.6       Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar
4 jam
Januari       :   4 Minggu

Minggu Efektif: 19 X 4 = 76 Jam

2
4.6.1    Membaca surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan tartil
4 jam
Februari    :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 Jam
3
4.6.2    Menulis kalimat-kalimat dalam surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan benar
4 jam
Maret          :   3 Minggu
Uji Kompetensi X 5          : 20 Jam
4
4.6.3    Menunjukkan hafalan surah al-Falaq, al-Mā’un, dan al-Fil dengan lancar
4 jam
April            :   5 Minggu
Jumlah                        : 76 Jam
5
1.5       Meyakini keberadaan Malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4       Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari
3.2       Mengerti makna iman kepada Malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar
4 jam
Mei                :   2 Minggu

 

6
1.5       Meyakini keberadaan Malaikat-malaikat Allah Swt.
2.4       Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari
4.2       Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
4 jam
Juni               :   1 Minggu
7
2.8       Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
3.8       Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
4 jam
Jumlah      : 19 Minggu
8
2.8       Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
4.8       Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman surah al- Isrā'/17: 37
4 jam

9
2.9       Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
3.9       Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
4 jam
10
2.9       Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
4.9       Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman surah al-Isrā'/17: 27
4 jam
11
1.2       Menunaikan salat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah Swt.
1.4       Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
3.5       Memahami makna bacaan salat
4 jam
12
1.2       Menunaikan salat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah Swt.
1.4       Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
4.5.2    Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar
4 jam
13
3.14     Mengetahui kisah keteladanan Wali Songo
4 jam
14
4.14     Menceritakan kisah keteladanan Wali Songo
4 jam
JUMLAH
56 JAM


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005





















KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  V (Lima) / 1

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  V (Lima)
Semester                        :  1
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
1.1       Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil
4.1       Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
Juli                 :   1 Minggu

Minggu Efektif: 18 X 4 = 72 Jam

2
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
Agustus       :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 Jam
3
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
September  :   5 Minggu
Uji Kompetensi X 4          : 16 Jam
4
3.3       Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tindengan benar
4 jam
Oktober      :   3 Minggu
Jumlah                        : 72 Jam
5
4.4       Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At-Tin
4 jam
November   :   4 Minggu

 

6
3.4       Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
4 jam
Desember    :   1 Minggu
7
1.2       Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
3.2       Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
4 jam

Jumlah          :  18 Minggu

8
2.5       Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4.6       Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
4 jam

9
1.3       Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
2.6       Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
3.5       Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
4 jam
10
3.6       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.10     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4 jam
11
3.7       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.11     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4 jam
12
3.8       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.12     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4 jam
13
3.9       Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.13     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4 jam
14
2.9       Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.9       Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4 jam
JUMLAH
56 JAM


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005














KURIKULUM 2013
Perangkat Pembelajaran
PROGRAM TAHUNAN

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BUDI PEKERTI

Nama Sekolah         :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Kelas / Semester     :  V (Lima) / 2

Nama Guru               :  HABIBAH,S.Pd.I
NIP / NIK                    :  196902082007012005



PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                           :  SDN 10/VI SUNGAI MANAU I
Mata Pelajaran              :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas                               :  V (Lima)
Semester                        :  2
Tahun Pelajaran           :  2014 / 2015

No

KompetensiDasar

AlokasiWaktu

Uraian

MingguEfektif

JamEfektif

1
1.1       Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil
2.3       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.1       Membaca Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
Januari       :   4 Minggu

Minggu Efektif: 19 X 4 = 76 Jam

2
2.3       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.3       Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
Februari    :   4 Minggu
Kompetensi Dasar            : 56 Jam
3
2.3       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4.2       Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma’un dan Q.S.At-Tin dengan baik dan benar
4 jam
Maret          :   3 Minggu
Uji Kompetensi X 5          : 20 Jam
4
2.3       Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
3.3       Mengetahui makna Q.S. Al-Ma’un dan Q.S. At-Tin dengan benar
4.5       Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
4 jam
April            :   5 Minggu
Jumlah                        : 76 Jam
5
3.1       Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
12 jam
Mei                :   2 Minggu

 

6
2.7       Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
4.7       Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
8 jam
Juni               :   1 Minggu
7
2.8       Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
4.8       Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
8 jam
Jumlah      : 19 Minggu
8
3.10     Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
8 jam

9
4.14     Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4 jam
10
JUMLAH
56 JAM


Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ISMAIL )
NIP196508151989011001

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( HABIBAH.S.Pd.I )
NIP 196902082007012005




Tidak ada komentar:

Posting Komentar