Jumat, 22 Januari 2016

MAKALAH TENTANG DEFENISI MAKHARIJUL HURUF

DEFENISI MAKHARIJUL HURUF
MAKALAH

Diajukan untuk Melengkapi Syarat-syarat
dalam Mata Kuliah Qiratul quran











DI SUSUN :
O
L
E
H
KELOMPOK: I
RUSDI YANTO
NIM: T.PAI.I.2015.0
Jurusan: Tarbiah/PAI
Lokal: B/I
YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM SYEKH MAULANA QORI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
SYEKH MAULANA QORI BANGKO
JURUSAN TARBIYAH
2015
KATA PENGANTAR

Segala puji serta syukur penulis haturkan kehadirat Ilahi Rabbi yang atas limpahan rahmat, karunia, serta hidayah-Nya jualah sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah TAJUWID dengan tema “Defenisi Makharijul Huruf.
Shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan keharibaan Nabi besar Muhammad SAW. karena berkat beliaulah sehingga pada saat ini dapat merasakan indahnya Islam dan nikmatnya Iman.
Tak lupa penulis sampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Abdul Kadir. SPd.I Selaku dosen pengajar yang telah memberikan arahan yang begitu berarti bagi penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah ini. Juga kepada teman-teman yang telah membantu secara langsung atau tidak langsung dari pengumpulan bahan hingga penyelesaian.
Tak ada gading yang tak retak, penulisan sadari dalam penulisan ini tak akan pernah lepas dari kesalahan dan kekurangan, maka untuk itu penulis sangat mengharapkan masukan dan koreksi dari bapak dosen ataupun dari teman-teman agar penulis dapat dapat lebih baik pada masa akan datang. Akhir kata billahi taupiq wal hidayah.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb..
















DAFTAR ISI

Halaman judul...........................................................................................................!

Kata pengantar.........................................................................................................!!

Daftar isi...................................................................................................................I

BAB I PENDAHULUAN......................................................................................2

a.      Latar belakang masalah................................................................................3

b.      Rumusan masalah.........................................................................................4

BAB II PEMBAHASAN........................................................................................5

a.      Defenisi Makharijul Huruf............................... ...........................................6

b.      Makharijul Huruf { Tempat Keluar Huruf }................................................7

c.       Tempat Keluar Huruf Secara Umum...................... ....................................8

BAB III PENUTUP...............................................................................................9.
           
a.      Kesimpulan................................................................................................10

b.      Kritik dan saran..........................................................................................11
           
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................12

















BAB I
PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang Masalah

Sebelum kita masuk pada pokok pembahsan kita, lebih biak kita ketahui bahwa tajuwid adalah suatu bahan yang sangat berguna bagi kita ketika membaca al-quran, apalagi yang berkenaan dengan bagaimana cara menyebut huruf  yang tepat atau dengan benar. Jadi untuk itu perlu kita pelajari dan kita ketahui bersama tempa-tempat keluarnya huruf dan sifat-sifatnya. Yang selaanjutnya dipakai sebagai bahan latihan secara individu dengan terus menerus, agar dapat tepat sesuai dengan kaidah kaidah pengucapan huruf yang benar.

B.       Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian makharijul huruf?
2.      Berapakah yang berkenaan dengan tempat keluarnya huruf?

C.      Tujuan Mempelajari Ilmu Tajuwid
1.      Supaya kita menjadi lebih baik ketika membaca al-quran
2.      Supaya membaca al-quran dengan benar dan tepat
3.      Supaya kita membaca al-quran lebih bagus












BAB II
PEMBAHASAN



A.      Pengertian Makharijul Huruf

Pengertian makhraj ditinjau dari marfologi, berasal dari fiil madhi:                yang artinya keluar. Lalu dijadikan ber-wazan               yang ber-sighat isim makan, maka menjadi                         bentuk jamaknya adalah                    karena itu, makharijul huruf(                                    ) yang diindonesiakan menjadi makharijul huruf,artinya:tempat-tempat keluarnya huruf.   Secara bahasa,makhraj adalah:                           (tempat keluar.),  sedangkan menurut istilah, makhraj adalah:






Suatu nama tempat, yang pada tempat tersebut huruf dibentuk (atau diucapkan). Dengan demikian, Makhorijul Huruf adalah tempat-tempat keluarnya huruf pada waktu huruf itu dibunyikan. Di dalam membaca Al-Qur’an kita  harus membunyikan huruf sesuai dengan makhrajnya. Karena jika terjadi suatu kesalahan dalam pelafalan huruf, itu bisa menimbulkan arti baru. Dalam hal ini jika dilakukan dengan sengaja akan menimbulkan kekafiran. Maka dari itu belajar makhorijul huruf ini sangat penting bagi kita.

B.       Makharijul Huruf (Tempat Keluarnya Huruf)
Bab Makhorijul huruf adalah salah satu bab yang sangat penting dalam ilmu tajwid. Makhroj (المخرج) atau Makharij (مخارج) secara bahasa adalah: “Tempat keluar” (محل خروج)
Dan secara istilah adalah :

محل خروج الحرف وتمييزه من غيره
“Tempat keluarnya huruf dan pembeda antara satu huruf dengan huruf yang lainnya.” Al-Huruf (الحروف), Kata ini adalah jama’ dari al-harfu (الحرف) yang berarti huruf.Jadi menurut bahasa yang dimaksud dengan makharijul huruf itu ialah tempat-tempat keluarnya huruf. Sedangkan menurut istilah dalam ilmu tajwid, yang dimaksud dengan makharijul huruf yaitu tempat-tempat atau letak keluarnya huruf-huruf hijaiyah ketika membunyikannya.Sebagai seorang muslim, mempelajari ilmu tentang makharijul huruf ini sangatlah penting.
Dengan mempelajari ilmu ini, akan dapat membunyikan huruf-huruf Arab dengan tepat sesuai dengan tempat keluarnya (makhraj-nya), sehingga dapat membaca al-Quran dengan fasih dan benar. Hal ini karena al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab.Tempat bunyi suatu huruf itu keluar, dapat kita ketahui dengan cara mematikan atau mensukunkan huruf tersebut yang sebelumnya didahului dengan huruf hidup.Contoh : untuk mengetahuimakhraj “kaf (ك)”, maka huruf “kaf” tersebut disukun / dimatikan dengan didahului huruf hidup. Tempat-tempat keluarnya huruf ini dibagi secara umum dan secara khusus.
C.      Tempat-Tempat Keluarnya Huruf Secara Umum Ada 5 :

1.      Rongga mulut - Al-Jauf (الجوف)
2.      Tenggorokan/Kerongkongan - Al-Halqu (الحلق)
3.      Lidah - Al-Lisan (اللسان)
4.      Dua bibir - Asy-Syafatain (الشفتين)
5.      Rongga hidung - Al-Khaisyum (الخيشوم)
Tempat-tempat keluarnya huruf hijaiyah (29) itu memang banyak yang berpendapat, namun dari sekian pendapat yang paling banyak diikuti oleh ulama qurro’ dan ahlul ada’ adalah pendapat Syekh Kholil bin Ahmad an-Nahwiy (Guru Imam Sibaweh). Adapun menurut beliau Makhorijul Huruf Hujaiyah itu ada 17 tempat.


BAB II
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa ilmu tajuwid sangat penting kita pelajari apalagi kita sebagai umat islam sepatutnya kita mengatahui tentang tajuwid supaya pembacaan al-quran bisa menjadi lebih baik, dengan adanya kita pelajari ilmu ini kita tau mana bacaan al-quran yang panjang dan mana yang pendek, gunanya kita mempelajari ilmu tajuwid ini untuk masa depan kita nanti atau untuk kader kader masa depan.

B.       Kritik Dan Saran
Kami dari pemakalah meminta maaf jika ada kesalahan dan kehilafan  baik disegi penulisan dan pemhaman yang kurang tepat kami mohon maaf yang sebesar besarnya kepada allah kami mohon ampun pada manusia kami mohon maaf kami akhiri wassalamualiakum wrwb.













DAFTAR PUSTAKA

Ø  Http://Ummushofi.Wordpress.Com/2009/11/21/Ilmu-Tajwid-Makhorijul-Huruf-File-Flash/





1 komentar: