Minggu, 24 Januari 2016

SILABUS PERENCANAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN PAI

SILABUS
Mata Kuliah              :  Perencanaan dan Desain Pembelajaran PAI


Komponen                :  MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
Program Studi            :  Pendidikan Agama Islam (PAI)
Jurusan                      :  Tarbiyah
Semester                    :  Ganjil (V/Lima)
Bobot                        :  2 SKS
Dosen Pengampu      :  Dr. Maisah, M.PdI
Dosen Asisten           :  Muhammad Nuzli, S.Pd.I.


A.     Standar Kompetensi
Standar kompetensi mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki wawasan dan pemahaman tentang perencanaan dan desain pembelajaran sehingga mampu dan terampil dalam merencanakan dan mendesain pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
B.     Kegiatan Pembelajaran
No
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Indikator Pencapaian
Alokasi Waktu (Menit)
Keterangan
1
Mahasiswa memahami dan menganalisis sistem kontrak dan materi mata kuliah
Orientasi Kontrak Mata Kuliah
Ø  Memahami materi pokok dan sistem kontrak mata kuliah
Ø  Mengklasifikasi materi dan tugas-tugas dalam mata kuliah
100
Dosen dan Mahasiswa
2
Mahasiswa memahami Konsep Dasar Perencanaan dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Konsep Dasar Perencanaan dan Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Ø  Mendefinisikan pengertian perencanaan dan desain pembelajaran
Ø  Menjelaskantujuan, fungsi, dan ruang lingkup perencanaan dan desain pembelajaranPendidikan Agama Islam
Ø  Menjelaskan landasan hukum dalam perencanaan dan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
100
Dosen
3
Mahasiswa memahami analisis Minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester dalam perencanaan dan desain pembelajaran PAI
Analisis Minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester dalam perencanaan dan desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Ø  Menganalisis dan menetapkan Minggu efektif belajar
Ø  Menyusun Program Tahunan (Prota)
Ø  Menyusun Program Semester (Promes)
100
Kelompok 1
4
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri Analisis minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester dalam perencanaan dan desain pembelajaran PAI
Bimbingan bersama analisis minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Menyelesaikan tugas mandiri Analisis minggu efektif belajar, program tahunan dan program semester pembelajaran Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
100
Dosen
5
Mahasiswa memahami kompetensi inti dan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam serta menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam serta menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal
Ø  Mengidentifikasi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam
Ø  Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal Pendidikan Agama Islam
100
Kelompok 2
6
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri kriteria ketuntasan minimal
Bimbingan bersama tugas mandiri menyusun menetapkan kriteria ketuntasan minimal Pendidikan Agama Islam
Menyelesaikan tugas mandiri kriteria ketuntasan minimal PAI Tepat pada waktunya
100
Dosen
7
Mahasiswa memahami pengembangan silabus Pendidikan Agama Islam
Pengambangan Silabus Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013
Ø  Menganalisis kompetensi inti dan kompetensi dasar PAI dalam penyusun silabus
Ø  Menentukan Tema (khususSD/MI/SDLB/Paket A) PAI
Ø  Menentukan Pokok Pembahasan
Ø  Menentukan kegiatan pembelajaran
Ø  Menentukan penilaian
Ø  Menentukan sumber belajar
100
Kelompok 3
8
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri Silabus Pendidikan Agama Islam
Bimbingan bersama tugas mandiri pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam
Menyelesaikan tugas mandiri pengembangan Silabus PAI tepat pada waktunya
100
Dosen
9
Mahasiswa memahami rumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran PAI
Tujuan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Ø  Merumuskan tujuan pembelajaran PAI
Ø  Mengembangkan indikator pencapaian kompetensi PAI
Ø  Mengembangkan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
100
Kelompok 4
10
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Bimbingan bersama tugas mandiri perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Menyelesaikan tugas mandiri perumusan tujuan pembelajaran, pengembangan indikator pencapaian kompetensi dan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam tepat pada waktunya
100
Dosen
11
Mahasiswa memahami metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar PAI
Metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar Pendidikan Agama Islam
Ø  Menentukan metode pembelajaran PAI
Ø  Menentukan media pembelajaran PAI
Ø  Menentukan sumber belajar Pendidikan Agama Islam
100
Kelompok 5
12
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar PAI
Bimbingan bersama tugas mandiri menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar Pendidikan Agama Islam
Menyelesaikan tugas mandiri menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar PAI tepat pada waktunya
100
Dosen
13
Mahasiswa memahami langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013
Langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan Kurikulum 2013
Ø  Mengembangkan kegiatan pendahuluan,
Ø  Mengembangkan kegiatan inti dengan berbagai pendekatan dan atau model pembelajaran
Ø  Mengembangkan kegiatan penutup
100
Kelompok 6
14
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri pengembangan langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kurikulum 2013
Bimbingan bersama tugas mandiri pengembangan langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kurikulum 2013
Menyelesaikan tugas mandiri pengembangan langkah-langkah pembelajaran Pendidikan Agama Islam sesuai dengan kurikulum 2013 tepat pada waktunya
100
Dosen
15
Mahasiswa mampu menilai hasil dan proses pembelajaran PAI
Menilai hasil dan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Ø  Mampu menyusun instrumen penilaian sikap
Ø  Mampu menyusun instrumen penilaian pengetahuan
Ø  Mampu menyusun instrumen penilaian keterampilan
100
Kelompok 7
16
Mahasiswa menyelesaikan tugas mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil dan proses pembelajaran PAI
Bimbingan bersama tugas mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil dan proses pembelajaran PAI
Mampu menyelesaikan tugas mandiri langkah-langkah pembelajaran, dan menilai hasil dan proses pembelajaran PAI tepat pada waktunya
100
Dosen
C.     Evaluasi Perkuliahan


Nilai keberhasilanakan diukur melalui aktivitasproses dan kualitashasil kerja yang ditampilkan,dengancatatan:
1.    Mahasiswayang kehadirannyakurang dari 75% dari keseluruhanfrekuensi perkuliahan tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir semester, dan dengan sendirinya dianggap gagal.
2.    Penilaianproses diukur dengan:
a.    Kualitas, intensitas pertanyaan (keaktivan) dan jawaban/komentar/ mengkritisi/memberikan sanggahan, dan sebagainya.
b.    Akurasi penyelesaiantugasindividu/kelompok dan presentase di kelas (ketepatan waktu dan kualitashasil kerja).
3.    Penilaianhasil diukursebagaiberikut:
a.    Kualitas makalahyang disajikandi kelas
b.    Kualitashasil Ujian TengahSemester
c.    Kualiatashasil Ujian Akhir Semester
4.    Sportivitas,kejujuran, kesabaran/keuletan,serta kemampuanmenuturkan ide/gagasan/pertanyaan/jawaban(baik lisan maupuntulisan) sesuai kaidah berbahasalndonesia yang baik dan benar menjadi salah satu bahan pertimbangan dalampengukuran kemajuanbelajar mahasiswa.

Penilaian dalam mata kuliah ini dapat dipersentasikan sebagai berikut:
1.    Partisipasi (Kehadiran, Aktivitas, Kuis, Resume,
Penilaian Diri)                                                                 : 20%
2.    Makalah, Presentasi Diskusi dan Penilaian Teman Sejawat      :           20%
3.    TugasMandiri (AME, Prota, Promes, KKM, Silabus, RPP  :      30%
4.    Ujian Tengah Semester                                                    : 15%
5.    Ujian Akhir Semester                                                      : 15%


D.     Buku Rujukan dan Bacaan
1.      Ramayulis, 2013, ProfesidanEtikaKeguruan. Jakarta: KalamMulia
2.      Kusaeri, 2014, AcuandanTeknikPenilaian Proses danHasilBelajardalamKurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
3.      YunusAbidin,2014. DesainSistemPembelajarandalamKonteksKurikulum 2013. Jakarta:RefikaAditama
4.      PermendikbudNomor 54 Tahun 2013 tentangStandarKompetensiLulusan,
5.      PermendikbudNomor 64 Tahun 2013 tentangStandar Isi
6.      PermendikbudNomor 65 Tahun 2013 tentangStandar Proses
7.      PermendikbudNomor 66 Tahun 2013 tentangStandarPenilaian
8.      PermendikbudNomor 67 Tahun 2013 tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SD-MI
9.      PermendikbudNomor 68 Tahun 2013 tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SMP-MTs
10.  PermendikbudNomor 69 Tahun 2013 tentangKompetensiDasardanStrukturKurikulum SMA-MA
11.  Prawiradilaga, Dewi Salma, 2008. PrinsipDisainPembelajaran. Jakarta: Kencana.
12.  Sanjaya Wina, 2010, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
13.  Uno hamzah B. 2010, Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing
14.  Trianto, 2009, Mendesain Model PembelajaranInovatifdanProgresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
15.  MuslichMasnur, 2009, KTSP DasarPemahamandanPengembangan
16.  HamalikOemar, 2008, KurikulumdanPembelajaran, Jakarta: PT BumiAksara
17.  Majid Abdul, 2008, PerencanaanPembelajaran, Bandung: PT. RemajaRosdakarya
18.  Suparlan, dkk, 2008, Pakem: Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo
19.  Susanto, 2008, PenyusunanSilabusdan RPP, Surabaya: Matapena
20.  Yamin, Martinis. 2007. DesainPembelajaranBerbasis Tingkat SatuanPendidikan. Jakarta: GaungPersada Press
21.  WinataputraUdin S. 2001, Model-Model PembelajaranInovatif

Disahkan                                                 Diperiksa                                               Diketahui                                                                Bangko, 14 September 2015
An. Ketua (Pembantu Ketua I),               Ketua Jurusan Tarbiyah,                       Dosen Pengampu,                                                                Dosen Asisten,





Dr. H.M. Joni, Lc., MA                         Masruri, M.PdI                                    Dr. Maisah, M.PdI                                                                Muhammad Nuzli, S.PdI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar